Dihadapan Mendagri, Plt Gubernur Sebut Peluang Sulsel Rebut Pasar Ekspor

- 21 April 2021, 19:48 WIB
Mendagri dan Plt Gubernur Sulsel
Mendagri dan Plt Gubernur Sulsel /

Jurnal Makassar - Menteri Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian memberikan pengarahan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (21/4/2021).

Tito Karnavian memberikan masukan agar belanja APBD Provinsi Sulawesi Selatan bisa lebih meningkat untuk di belanja modal dan mengurangi belanja operasional.

Diperkuat belanja modal perlu ditingkatkan, maka pembangunan akan lebih terasa ke masyarakat. Untuk belanja Pemerintahan, saya minta kita lakukan ditriwulan kedua atau ketiga.

Baca Juga: Bersama Kapolda Sulsel, Plt Gubernur Ikuti Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1442 H

Untuk pendapatan APBD Sulsel tahun anggaran 2021 senilai sekitar Rp 10 triliun. Sulsel diurutan kedelapan dengan PAD Provinsi se Indonesia tahun 2021. Tito mengaku, bahwa pihak swasta memiliki kontribusi yang kuat dalam PAD Sulsel.

Dalam mengelola anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kata dia, perlu berjalan dengan hati-hati dan harus paralel dengan kondisi pandemi Covid-19.

"Strateginya adalah kendalikan pandemi baru ada kelonggaran ekonomi. Ada 4 indikator, yakni mengurangi dan menekan kasus aktif, mengurangi dan menekan kematian, meningkatkan kesembuhan dan menjaga ketersediaan tempat tidur," terangnya.

Meski adanya dinamika kepemimpinan, kata dia, "kita support bapak Gubernur. Silahkan berkreasi menghadapi pandemi dalam menangani PEN, mempercepat laju pertumbuhan ekonomi. Kita harap Sulawesi Selatan bisa lebih maju dan bukan hanya menjadi model Indonesia Timur, bahkan bisa menjadi model Indonesia," pungkasnya.

Menurutnya, Sulsel memiliki sumber daya yang hebat, bahkan memiliki SDM yang luar biasa.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x