Kepala LIPI Dilantik Jadi Kepala BRIN sore Ini oleh Presiden Jokowi, Ini Profil Singkat Laksana Tri Handoko

- 28 April 2021, 15:18 WIB
Laksana Tri Handoko
Laksana Tri Handoko /Yuan/

Jurnal Makassar - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksono Tri Handoko akan dilantik ebagai Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), di Istana Merdeka, Jakarta, Sore ini Rabu 28 April 2021.

Laksono Tri Handoko memegang jabatan sebagai kepala LIPI sejak 31 Mei 2018 silam.

Pria berusia 52 tahun tersebut merupakan salah seorang fisikawan teori Indonesia dengan fokus penelitian teori fisika partikel.

Baca Juga: Dari Kepala BKPM Menjadi Menteri Investasi, Ini Profil Singkat Bahlil Lahadalia

Lahir di Lawang, Malang, 7 Mei 1968, Laksono Tri Handoko juga dikenal sebagai pionir dan penggagas utama Grup Fisikawan Teoritik Indonesia serta Masyarakat Komputasi Indonesia.

Dari kedua organisasi profesi ilmiah, GFTI dan MKI, inilah muncul kegiatan tahunan dengan model konsorsium berupa Workshop on Theoretical Physics (WTP) sejak 2004, Workshop on Computational Science (WCS) sejak 2004, serta Workshop on Nonlinear Phenomena (WNP) sejak 2006.

Sebagai puncaknya adalah kemunculan jurnal teori pertama di Indonesia, yaitu Journal of Theoretical and Computational Studies – JTCS.

Ia merupakan salah satu alumni karyasiswa pemerintah Indonesia di bawah program OFP IV dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI di era B.J. Habibie.

Meski sempat mengenyam bangku kuliah di jurusan fisika ITB selama beberapa bulan, ia meninggalkan Indonesia untuk melanjutkan studi ke Kumamoto University di Kumamoto, Jepang.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah