Tok, Habib Riziek Divonis Empat Tahun Penjara

- 24 Juni 2021, 15:05 WIB
Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Riziek Shihab divonis hukuman empat tahun penjara
Mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Riziek Shihab divonis hukuman empat tahun penjara /Nandang Permana/PMJ News

Jurnal Makassar - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhak hukuman penjara terhadap terdakwa Habib Rizieq Sihab.

Terdakwa Habib Rizieq Sihab terbukti bersalah dalam kasus penyeberan berita bohong swab tes di Rumah Sakit Ummi, Bogor.

Atas kasus itu, Habib Rizieq Shibab dijatuhi hukuman empat tahun penjara.

Baca Juga: Daftar 16 Tim Masuk 16 Besar Euro 2020

"Mengadili menyatakan terdakwa Mohammad Rizieq Shihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta dengan menyiarkan pemberitaan bohong dengan sengaja. Menjatuhkan pidana dengan pidana penjara selama 4 tahun," ujar Hakim Ketua Khadwanto, Kamis 24 Juni 2021.

Rizieq Shihab dinilai bersalah melanggar Pasal 14 ayat (1) UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana penjara Terdakwa Muhammad Rizieq bin Husein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq berupa dengan pidana penjara selama 4 tahun penjara," kata Majelis Hakim.

"Menimbang bahwa majelis hakim berpendapat terdakwa memang belum di PCR, dan baru di antigen namun berdasarkan Kepmenkes tentang pedoman pencegahan pengendalian Covid-19 kondisi seperti ini disebut probable Covid-19 sehingga menurut majelis hakim walaupun belum dilakukan swab PCR, tetap saja terdakwa tidak bisa dikatakan sehat, karena terdakwa probable Covid-19, sehingga informasi yang disampaikan terdakwa adalah terlalu dini dan mengandung kebohongan, karena tidak sesuai fakta karena terdakwa sudah tahu dirinya reaktif Covid-19 namun terdakwa tetap mengatakan 'kita sudah rasa segar sekali, alhamdulillah hasil pemeriksaan baik dan mudah-mudahan hasil ke depan baik' tanpa menunggu hasil PCR sehingga majelis berkeyakinan terdakwa telah siarkan kabar bohong," urainya.

Baca Juga: Arti Lirik dan Makna Lagu Favorite Crime by Olivia Rodrigo

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x