Ramadhan Masih Masa Pandemi, Ketua DMI Jusuf Kalla Sebut Sudah Bisa Tarwih di Masjid

- 24 Maret 2021, 06:51 WIB
Ilustrasi ibadah shalat.*
Ilustrasi ibadah shalat.* /Pixabay /Radoan Tanvir

Jurnal Makassar – Tak lama lagi akan datang bulan Ramadhan, seperti tahun sebelumnya Ramadhan kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Tahun lalu, sejumlah kegiatan ibadah di bulan Ramadhan serba terbatas. Bahkan pelaksanaan salat Tarwih pun hanya dianjurkan di rumah.

Berbeda dengan tahun ini, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla menyebut Ramadhan tahun ini masjid sudah bisa dipakai salat Tarwih.

Baca Juga: Sepekan Setelah Suntik Vaksin Covid 19, Lansia Berusia 50 Tahun di Sulsel Meninggal Dunia

Meski ada lampu hijau, Jusuf Kalla menyarankan, agar pengurus masjid bisa mengatur jadwal salat tarawih secara bergiliran atau dua sif saat Ramadhan tahun ini 1422 Hijriah.

"Kita akan memasuki bulan suci Ramadhan dalam waktu dekat ini. Tahun ini, masjid sudah bisa dipakai untuk Tarawih, selama memberlakukan protokol kesehatan yang baik," kata Jusuf Kalla melalui siaran persnya, Rabu 24 Maret 2021.

"Untuk itu, apabila memang diperlukan demi mengakomodir jamaah yang mau Shalat Tarawih, maka bisa dilaksanakan dua kali atau dua sift," tambahnya.

Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia itu kembali mengingatkan, kewajiban jamaah menjaga jarak minimal satu meter sesuai aturan protokol kesehatan COVID-19, tentu menjadi hal utama dalam memutus mata rantai penyebarannya.

Hal itu membuat daya tampung masjid menurun hingga 40 persen dari daya tampung sebenarnya. Untuk itu, kata pria disapa JK itu menyarankan, demi memenuhi animo masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah Shalat Tarawih, bisa dilakukan bergiliran.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x