Peristiwa 16 Agustus Apa?, Ada Peristiwa Rengasdengklok yang Terjadi Sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI

- 16 Agustus 2021, 05:47 WIB
Foto udara Monumen Tugu Kebulatan Tekad di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/8/2021). Monumen Tugu Kebulatan Tekad atau yang dikenal Tugu Proklamasi tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang menyajikan relief peristiwa Rengasdengklok untuk mengenang bekas lokasi markas Pembela Tanah Air (PETA) menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Foto udara Monumen Tugu Kebulatan Tekad di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/8/2021). Monumen Tugu Kebulatan Tekad atau yang dikenal Tugu Proklamasi tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang menyajikan relief peristiwa Rengasdengklok untuk mengenang bekas lokasi markas Pembela Tanah Air (PETA) menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia. /ANTARA/M Ibnu Chazar

Jurnal Makassar - Berikut adalah peristiwa yang terjadi pada tanggal 16 Agustus, ada sebuah peristiwa yang diberi nama Rengasdengklok.

Peristiwa Rengasdengklok sediri terjadi tepat sehari sebelum berlagsungya Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Presiden Soekarno dan Wakilnya Moh Hatta.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi pada peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada 16 Agustus 1945 atau 76 tahun lalu?

Baca Juga: 15 Agustus 2021 Peringatan Hari Apa?, Ternyata Ada Hari Perdamaian Aceh

Dilansir JurnalMakassar.com dari berbagai sumber, Peristiwa Rengasdengklok adalah sebuah peristiwa yang cukup istimewah.

Pada momen tersebut adalah upaya sekelompokk pemuda dan pemudi menculik Soekarno dan Hatta pada pukul 03.00 dini hari.

Sejumlah pemuda yang membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok (Karawang) mendesak keduanya untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Link Twibbon Peringatan HUT RI ke-76. 17 Agustus 2021 di Twibbonize

Sehingga setelah didesak, pada 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta secara resmi memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sebelum peristiwa Rengasdengklok, terjadi ketidaksepakatan antara Golongan Muda dan Golongan Tua pasca kalahnya Jepang dalam Perang Dunia Kedua.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x