15 Agustus 2021 Peringatan Hari Apa?, Ternyata Ada Hari Perdamaian Aceh

- 14 Agustus 2021, 21:57 WIB
Warga berdoa di samping bendera bulan bintang pada acara peringatan hari perdamaian Aceh ke-8, 15 Agustus 2013 di kantor Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Samudra Pase, Aceh Utara, Kamis (15/8). Dalam doa dan zikir bersama itu warga meminta pertolongan Tuhan untuk terus memberi kedamaian yang langgeng bagi masyarakat Aceh.
Warga berdoa di samping bendera bulan bintang pada acara peringatan hari perdamaian Aceh ke-8, 15 Agustus 2013 di kantor Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Samudra Pase, Aceh Utara, Kamis (15/8). Dalam doa dan zikir bersama itu warga meminta pertolongan Tuhan untuk terus memberi kedamaian yang langgeng bagi masyarakat Aceh. /ANTARA FOTO/Rahmad/

Jurnal Makassar - Berikut ini Peringatan Hari Apa atau Peristiwa yang terjadi pada 15 Agustus 2021. Ternyata ada Hari Perdamaian Aceh.

Hari Perdamaian Aceh adalah moment dimana Gerakan Aceh Merdeka (GAM) menyatakan menyelesaikan konflik secara damai dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Nama lain Hari Perdamaian Aceh dikenal sebagai Kesepakatan Helsinki. Kesepakatan ini umum dipakai merujuk pada nota kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Baca Juga: 14 Agustus 2021 Peringatan Hari Apa? Ada Peringatan Hari Pramuka, Berikut Sejarah Singkatnya

Pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) melakukan penandatanganan nota kesepahaman di Helsinki pada 15 Agustus 2005.

Kesepakatan ini merupakan pernyataan komitmen kedua belah pihak untuk penyelesaian konflik Aceh secara damai, menyeluruh, berkelanjutan dan bermartabat bagi semua.

Kesepakatan Helsinki memerinci isi persetujuan yang dicapai dan prinsip-prinsip yang akan memandu proses transformasi.

Baca Juga: 10 Agustus 2021 Peringatan Hari Apa? Ada Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, Begini Sejarahnya

Terdapat 71 butir pasal dalam Kesepakatan Helsinki.

Di antaranya, Aceh diberi wewenang melaksanakan kewenangan dalam semua sektor publik, yang akan diselenggarakan bersamaan dengan administrasi sipil dan peradilan.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah