Aliran Dana Asing ke IHSG Berpotensi Berlanjut, Berikut 3 Rekomendasi Saham untuk Trading Minggu Ini

- 22 Januari 2024, 15:10 WIB
/Pexel/

JurnalMakassar.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada akhir pekan lalu Jumat, 19 Januari 2023 ditutup di level 7.227 atau turun 0,2% dalam seminggu dan saat ini IHSG sedang sedang membuat tren baru dengan konsolidasi dengan rentang support 7.180 dan resistance 7.280.

Adapun 2 top gainers pada 15-19 Januari 2024 lalu yakni IDX Basic yang naik 4,14% dalam seminggu terakhir yang disebabkan kenaikan saham TPIA sebagai kontributor terbesar terhadap sektor basic materials.

TPIA naik sebesar 22,19% dalam seminggu setelah penurunan yang signifikan dalam sebulan terakhir dan IDX Industrials dimana dalam sepekan terakhir naik sebesar 0,54% yang disebabkan kenaikan saham UNTR sebesar 0,73% dalam seminggu terakhir dan 10,31% dalam sebulan terakhir.

Sementara itu 2 top losers pada minggu lalu yakni IDX Health yang melemah 3,16% selama seminggu disebabkan oleh pelemahan saham-saham farmasi setelah naik seiring dengan sentimen peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa pekan lalu dan saat ini saham-saham farmasi kembali turun seiring dengan penurunan kasus Covid-19 dan IDX Techno yang menurun sebesar 2,65% dalam sepekan terakhir disebabkan oleh penurunan saham GOTO yang turun sebesar 5,49% dalam seminggu seiring dengan aksi distribusi yang dilakukan oleh broker RF.

Baca Juga: Tamat! Ending Drama Welcome to Samdalri Bahagia Sesuai Harapan Penonton

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT), Dimas Krisna Ramadhani berpendapat pada minggu lalu ada 3 sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG yakni suku bunga BI, persetujuan anggaran pemerintah AS untuk 2024 dan kenaikan US Treasury Yield yang kembali di atas 4%.

Terkait sentimen suku bunga BI, pada Rabu lalu BI melaksanakan RDG dan memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level yang sama yakni, 6%. Hal ini konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar Rupiah serta langkah preemptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5±1% pada 2024.

Sentimen kedua terkait persetujuan anggaran pemerintah AS untuk 2024, pada Jumat lalu pemerintah dan DPR AS menyetujui anggaran pemerintah AS untuk tahun 2024 yang mencegah terjadinya government shutdown.

Hal ini membuat ketiga indeks utama di bursa saham Wall Street kompak ditutup naik signifikan pada Jumat kemarin, dan membuat indeks S&P 500 dan Dow Jones mencetak level tertinggi baru.

Baca Juga: Profil Chae Jong Hyeop Si Green Flag Kang Bo Geol Castaway Diva

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x