Asmo Sulsel Bagikan Tips Teknik Pengereman Sepeda Motor yang Baik dan Benar

- 5 Maret 2024, 10:05 WIB
Instruktur Safety Riding Asmo Sulsel Wanny
Instruktur Safety Riding Asmo Sulsel Wanny /Honda Motor/

JurnalMakassar.com - Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, pun membagikan tips pengereman yang baik dan benar sebagai upaya memperkuat kemampuan safety riding pengendara sepeda motor.

Rem atau brake merupakan komponen paling penting dalam sepeda motor. Pengendara harus memastikan rem depan maupun rem belakang berfungsi dengan baik.

Selain memastikan rem dalam kondisi baik, pengendara juga perlu menguasai teknik pengereman yang baik dan benar. Hal ini menjadi syarat mutlak untuk berkendara dengan aman dan nyaman. Kendati melakukan pengereman sepeda motor cukup mudah, banyak pengendara yang belum menerapkan pengereman dengan baik dan benar.

Instruktur Safety Riding Asmo Sulsel Wanny menuturkan, ada empat langkah yang mesti diperhatikan pengendara sepeda motor manual kopling dalam melakukan pengereman. Pertama, tutup putaran gas dengan cara didorong.

Baca Juga: 123 Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Ikuti Observasi Kampus Top di Indonesia

"Kemudian, tarik tuas rem depan dan injak pedal rem belakang. Setelah itu, tarik tuas kopling dan langsung turunkan kaki kiri. Ini merupakan teknik pengereman yang baik dan benar untuk sepeda motor kopling," kata Wanny.

Sedangkan pengereman yang baik dan benar untuk sepeda motor manual matik, kata Wanny, ada tiga langkah. Pertama, tutup putaran gas dengan cara didorong, tarik tuas rem depan belakang secara bersamaan, dan turunkan kaki kiri.

"Pengereman kombinasi lebih efektif karena mengombinasikan rem depan dan belakang sesuai kondisi dan situasi," tuturnya.

Selain itu, Wanny juga menegaskan bahwa keselamatan berkendara menjadi hal paling krusial saat mengaspal di jalan raya dengan sepeda motor. Ada berbagai macam peraturan yang harus dipatuhi. Ada juga perlengkapan safety riding, seperti helm, sepatu, jaket, dan lain-lain, yang harus digunakan.

Penerapan safety riding yang baik akan membuat pengendara merasa aman dan nyaman selama berkendara. Selain melindungi diri sendiri, penerapan safety riding dapat melindungi pengendara lain di jalan raya.

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah