Wulaningsih Kembangkan Usaha Keripik Keladi di Papua dengan Bantuan Pinjaman Modal Usaha BRI

- 22 Mei 2021, 19:41 WIB
Wulaningsih Kembangkan Usaha Keripik Keladi di Papu dengan Bantuan Pinjaman Modal Usaha BRI
Wulaningsih Kembangkan Usaha Keripik Keladi di Papu dengan Bantuan Pinjaman Modal Usaha BRI /IST/

Jurnal Makassar - Siapa tak ingin hidup layak dan memiliki usaha yang berkembang sejak dini? Setidaknya keinginan tersebut dimiliki Wulaningsih, wanita asal Manokwari, Papua.

Sejak belasan tahun lalu, Wulan ingin memiliki sendiri usaha pembuatan keripik keladi dan kerupuk. Keinginan ini muncul karena Wulan sejak muda sudah terbiasa membantu kakaknya menjual keripik di Nabire.

Usaha keripik juga bisa dibilang adalah bisnis turun temurun di keluarga Wulan. Karena dua alasan ini, maka pada 2009 lalu Wulan memberanikan diri membuka usaha penjualan keripik keladi miliknya.

Baca Juga: Masa Pengenalan ATM Merah Putih Berakhir, Himbara Kembalikan Biaya Cek Saldo dan Tarik Tunai

Dia memberanikan diri untuk memulai usaha karena tidak ingin menganggur pasca menikah.

“Daripada habis menikah nganggur mending saya punya usaha saja, siapa tahu nanti ke depannya baik. Alhamdulillah, ternyata berjalan baik,” imbuh dia.

Di awal merintis usaha, Wulan sempat kesulitan permodalan. Beruntung, saat itu dia mendapat bantuan pinjaman modal usaha dari BRI sebesar Rp5 juta. Modal tersebut lantas digunakan Wulan untuk sedikit demi sedikit mengembangkan usahanya.

Karena ketekunan dan kegigihannya, Wulan berhasil mengembangkan usaha keripik keladi itu. Bahkan, kini ia mampu memiliki tiga petak tanah di kampungnya.

Keberhasilannya juga terlihat dari plafon pembiayaan yang semakin besar. Saat ini, Wulan mengaku sudah bisa mendapat bantuan modal usaha hingga Rp200 juta dari BRI.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah