Dana Catatkan Pertumbuhan Transaksi QRIS 272 Persen Selama 2023

- 29 Februari 2024, 16:30 WIB
Lim Kusuma - Head of Marketing DANA Indonesia dan Sharon Issabela - Head of Communication DANA Indonesia
Lim Kusuma - Head of Marketing DANA Indonesia dan Sharon Issabela - Head of Communication DANA Indonesia /

JurnalMakassar.com - Platform pembayaran dan layanan keuangan digital Dana mencatatkan pertumbuhan transaksi menggunakan QRIS sebanyak 272 persen selama 2023.

Lim Kusuma selaku Head of Marketing DANA Indonesia mengatakan dana terus berfokus untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, mendigitalisasi UMKM, hingga meningkatkan interkonektivitas Asia dengan pembayaran antarnegara.

"Pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan pada tahun dari tahun 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272 persen," katanya dalam media gathering di Makassar, Kamis 29 Februari 2024.

Lim mengatakan DANA terus menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan menjangkau 170 juta pengguna dan mendigitalisasi lebih dari 550.000 UMKM di seluruh Indonesia.

Sedangkan, fitur Kirim Uang juga mengalami pertumbuhan sebesar 147 persen di tahun 2023. Pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat.

Pertumbuhan positif ini juga terjadi secara khusus di daerah Sulawesi. Pada tahun 2023, pengguna dompet digital DANA tercatat meningkat sebesar 37 persen di daerah Makassar. Sedangkan secara umum, pada tahun 2023 terjadi peningkatan sebesar 42 persen di daerah Sulawesi Selatan. Seluruhnya jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Pertumbuhan positif juga dirasakan oleh merchant DANA yang mengalami kenaikan transaksi sebesar 90 persen (YoY), sementara jumlah UMKM yang menggunakan DANA bertumbuh sebanyak 37 persen (YoY).

Pada tahun 2023, DANA juga mendapatkan beberapa pengakuan terkait produk dan layanan yang diberikan kepada pengguna. Beberapa diantaranya termasuk meraih penghargaan Bank Indonesia sebagai Perusahaan Non-Bank Terbaik untuk Performa QRIS untuk ketiga kalinya dan untuk pertama kalinya mendapatkan ASEAN Business Awards.

Mengawali tahun 2024, DANA menjadi anggota terpilih dalam World Economic Forum’s Unicorn Community atau Komunitas Unicorn Forum Ekonomi Dunia. Komunitas Unicorn, merupakan komunitas yang ditujukan bagi perusahaan-perusahaan terkemuka yang tengah bertumbuh pesat dan berorientasi pada misi, serta bernilai lebih dari $1 miliar.***

 

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x