Gempa Terkini Getarkan Nias dengan Kekuatan 5,2 Magnitudo

- 3 November 2021, 14:02 WIB
Gempa Nias Barat. Gempa yang mengguncang Nias Barat juga dirasakan masyarakat Sumatra Barat dan Sumatra Timur, begini penjelasannya.
Gempa Nias Barat. Gempa yang mengguncang Nias Barat juga dirasakan masyarakat Sumatra Barat dan Sumatra Timur, begini penjelasannya. /ANTARA/HO

 

Jurnal Makassar - Gempa hari ini Selasa 3 November 2021 kembali menggetarkan wilayah Nias.

Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Nias, Sumatera Utara, pada Rabu 3 November 2021 pagi, sekira pukul 07.50 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa berada pada koordinat 0,91 Lintang Utara dan 98,51 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah Timur Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, dalam kedalaman 60 km.

Baca Juga: BNPB Tayangkan Kilas Balik Gempa di NTB 3 Tahun Lalu

Dari laporan BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Adapun hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault).

Sementra itu, guncangan gempa ini dirasakan di daerah Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah).

Baca Juga: Yes! Ada Top Up Bansos Rp300 Ribu cair November 2021, Begini Penjelasan Menko Perekonomian

Sampai sekarang ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Halaman:

Editor: Irsal Masudi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x