Top Up BLT Dana Desa dan Kartu Sembako Cair Awal Desember 2021

- 20 November 2021, 12:05 WIB
Ilustrasi bansos tunai BLT Desa, cek syarat penerima.
Ilustrasi bansos tunai BLT Desa, cek syarat penerima. /Unsplash/bady

  Jurnal Makassar – Bansos top up BLT dana desa dan kartu Sembako kembali cair pada awal Desember 2021 mendatang.

Bantuan sosial tambahan yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat penerima manfaat adalah bantuan BLT dana desa dan kartu sembako.

Masing-masing bantuan sosial yang rencananya akan disalurkan pada awal Desember mendatang mencapai total bantuan senilai Rp300 ribu per penerima manfaat.

Program bantuan sosial terus diupayakan pemerintah dalam upaya sebagai pengentasan kemiskinan yang melanda akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bukan Bulan November, Bansos Top Up Kartu Sembako Rp300 Ribu Dijadwalkan Cair Desember 2021

Hadirnya bantuan top up BLT dana desa dan kartu sembako senilai Rp300 ribu, nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengakses kesulitan ekonomi, terkhusus sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan yang terjadi.

Menko Airlangga Hartarto usai rapat terbatas mengenai penanganan kemiskinan ekstrim mengatakan, pemberian bantuan sosial berupa top up BLT dana desa dan kartu sembako akan diberikan kepada penerima manfaat untuk menarget pengentasan kemiskinan menjadi nol persen pada tahun 2024.

Untuk mendukung penurunan tingkat kemiskinan pemerintah akan menyalurkan bantuan top up BLT dana desa kepada 649 ribu keluarga penerima manfaat.

“Program yang didorong tahun ini adalah top up BLT dana desa sebesar Rp300 ribu x 3 bulan, jumlah sasarannya adalah 649 ribu KPM. Ini membutuhkan surat edaran bersama Kemendagri dan Kemendes dan ini penyesuaian PMK (peraturan Menteri Keuangan) sedang disiapkan,” ujar Menko Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Kapan Jadwal Terbaru Pencairan Top Up Kartu Sembako Rp300 Ribu? Simak Penjelasan Menko Airlangga Hartarto

Halaman:

Editor: Andi Asoka Ulfa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah