Unismuh Makassar Gelar Panrita THEF 2023, Kerjasama 14 Perguruan Tinggi Terbaik Taiwan

- 3 November 2023, 16:54 WIB
Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dan Prof Yinghuei Chen
Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dan Prof Yinghuei Chen /

JurnalMakassar.com - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Panrita Taiwan Higher Education Fair (THEF) 2023, yang berlangsung di Balai Sidang Muktamar 47, Kampus Unismuh Makassar pada Jumat, 3 November 2023.

Pameran pendidikan tersebut diikuti sebanyak 14 perguruan tinggi terbaik dari Taiwan .

Ketua Panitia Pameran, yang merupakan Wakil Rektor II Unismuh Makassar Prof Andi Sukri Syamsuri mengungkapkan bahwa pameran ini diikuti sekitar 3000 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan siswa SMA yang ada di Makassar.

“Kata Panrita, kalau orang Bugis Makassar Panrita berarti cerdik, cendekia, pintar. Tapi dalam acara ini, Panrita itu akronim dari Pameran Pendidikan Perguruan Tinggi Taiwan. Ini pertama kali di Indonesia timur dan dilaksanakan di Unismuh Makassar,” ungkap Prof Andis, sapaan akrabnya.  

Baca Juga: RS PKU Unismuh Mulai Beroperasi 9 November 2023, Berikut Rincian Fasilitasnya

Kehadiran belasan Kampus Taiwan tersebut, ungkapnya, merupakan implementasi kerja sama Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerja Sama dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar dengan Taiwan Education Center (TEC).

Menurut Andis, kerja sama yang dikembangkan dengan kampus Taiwan tersebut meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, dan penelitian Bersama. “Intinya, fokus ke tridharma perguruan tinggi sesuai harapan bersama,” sambung Guru Besar Ilmu Linguistik itu.

Unismuh terus menggenjot kerja sama Internasional. Berdasarkan data LPBKUI Unismuh, kampus itu telah memiliki 146 Memorandum of Understanding (MoU) dari 14 negara. Dari MoU tersebut, telah ditindaklanjuti dengan 46 Memorandum of Agreement (MoA) dan 42 Implementation Arrangement (IA).

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi kedatangan belasan kampus dari Taiwan. 

“Alhamdulillah acara yang dilaksanakan hari ini adalah acara kerja sama antara  Unismuh dengan 14 perguruan tinggi Taiwan, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU baik dengan Unismuh maupun dengan beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah lainnya,” ungkap Ambo Asse.

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah