OJK Edukasi Keuangan Bagi Pelaku UMKM dan Ibu Rumah Tangga di Kabupaten Gowa

- 12 September 2023, 10:00 WIB
Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku PUJK, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi
Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku PUJK, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi /

JurnalMakassar.com - Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) terus memperkuat literasi dan inklusi keuangan bagi pelaku UMKM dan Ibu Rumah Tangga kali ini digelar di Kabupaten Gowa, Senin 11 September 2023

Edukasi Keuangan kepada Pelaku UMKM dan IRT di Kabupaten Gowa dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR-RI Dr. H.M. Amir Uskara, M.Kes dan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku PUJK, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi.

Turut hadir Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua Darwisman, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan Ichsan Mustari.

Dalam sambutannya Friderica menyampaikan bahwa Pelaku UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam menopang pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Banyak Makanan Terbuang, Mendagri Imbau Daerah Kampanye Gerakan Stop Boros Pangan

Mempertimbangkan perannya yang begitu penting, segmen UMKM dan perempuan perlu dibekali dengan keterampilan literasi keuangan dalam menghadapi tantangan keuangan yang semakin kompleks.

“Kalau kita lihat ekonomi di Indonesia ini sebagian besar adalah UMKM. UMKM ini bisa menyerap banyak pekerja di Indonesia. Jadi, UMKM luar biasa penting buat Indonesia, kontribusinya untuk PDB Indonesia sekitar 61 persen (data Kemenkop) dan juga kontribusi terhadap ekspor,” kata Friderica.

Lebih lanjut Friderica menyampaikan, bahwa perempuan dan UMKM merupakan salah satu sasaran prioritas literasi keuangan yang dilakukan OJK melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dengan sejumlah program untuk mendukung kemudahan akses keuangan.

“UMKM adalah pilar perekonomian Indonesia, perempuan berperan penting dalam kesuksesan keluarga dan semuanya bermula dari literasi keuangan sebagai fondasi keluarga sejahtera,” kata Friderica.

Baca Juga: Mau Nonton Afgan dan Last Child? Yuk ke Phinisi Hospitality Fair 2023

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah