Kendalikan Lapar Mata, Ini 5 Tip Memulai Investasi di Bulan Ramadan

- 9 Maret 2024, 15:10 WIB
Ilustrasi Investasi : Yuk, Mulai Investasi! Ini 5 Tip Memulai Investasi./Dok
Ilustrasi Investasi : Yuk, Mulai Investasi! Ini 5 Tip Memulai Investasi./Dok /

JurnalMakassar.com - Community Lead IPOT Angga Septianus mengakui selama bulan Ramadan biasanya terjadi penurunan aktivitas investasi.

Hal tersebut dikarenakan banyak orang memang lebih fokus pada amal dan kegiatan keagamaan.

“Secara historikal, di bulan Ramadan volume transaksi IHSG cenderung menurun sekitar 20-40% dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Hal ini juga disebabkan oleh hari libur yang panjang sehingga para investor mengalokasikan dananya untuk konsumsi pribadi,” terangnya di Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2024.

“Nah, sementara beberapa orang mungkin lebih memilih untuk mempertahankan keuangan dan menunda keputusan investasi, tetap berinvestasi meski dengan modal kecil tentu menjadi keputusan yang bijak.”

Baca Juga: Mau Liburan ke Makassar? Ini Kuliner Khas Kota Makan Enak yang Wajib Anda Coba

Memulai investasi saat Ramadan juga bisa diartikan sebagai bentuk pertobatan atau perbaikan dalam pengelolaan keuangan.

Memulai investasi di Bulan Ramadan bisa menjadi langkah positif menuju perbaikan keuangan pribadi dan peningkatan pengelolaan finansial.

Untuk mewujudkan niat baik untuk memulai investasi di Bulan Ramadan, berikut ini 5 tip bijaknya:

1. Mulai dengan Nominal Kecil
Jangan terburu-buru untuk berinvestasi dengan modal besar. Mulailah dengan nominal kecil sesuai dengan kemampuan keuangan, seperti dari uang yang disisihkan dari budget uang makan siang selama puasa. Memulai investasi dengan modal kecil memungkinkan kamu untuk merasakan dan memahami proses investasi dengan baik.

2. Kendalikan Lapar Mata
Banyak yang merasa kesulitan mengelola keuangan dan menyisihkannya untuk investasi selama bulan Ramadan, padahal masalah ini seringkali muncul karena sulit menahan diri dari godaan atau lapar mata. So, kendalikan diri dari godaan yang hanya berdasarkan keinginan semata dan bukan kebutuhan serta lapar mata selama Ramadan supaya tetap bisa investasi.

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x