Bocoran Kisi-Kisi Soal SKD Tes Karakteristik Pribadi TKP CPNS 2021

- 9 Agustus 2021, 07:08 WIB
Soal Silogisme CPNS 2021, Maksud, Contoh Soal hingga Pembahasan
Soal Silogisme CPNS 2021, Maksud, Contoh Soal hingga Pembahasan /Ahmad Fiqi Purba/@bkngoidofficial

Jurnal Makassar - Mempelajari kisi-kisi soal sebelum ujian bisa menjadi senjata ampuh meraih nilai maksimal.

Apalagi dalam Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2021 mendatang, peserta akan bersaing nilai dengan jutaan orang di seluruh Indonesia yang ikut mendaftar CPNS tahun ini.

Dalam pelaksanaan SKD, jumlah soal khususnya Tes Karakteristik Pribadi (TKP) tahun ini yang akan dikerjakan pendaftar terdiri atas 45 butir soal.

Baca Juga: Materi Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan TWK SKD CPNS 2021

Untuk soal TKP, bobot jawaban paling rendah bernilai 1 dan nilai tertinggi 5. Sedangkan jika tidak menjawab sama sekali, peserta CPNS mendapat nilai nol. Adapun skor nilai ambang batas TKP yang harus dipenuhi pendaftar jalur umum yaitu 166.

Untuk memperoleh 5 poin di tiap soal TKP, pendaftar harus mampu mengidentifikasi setiap soal yang diujikan. Dalam Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi No 27/2021 (Kementerian PANRB) dijelaskan tujuan dan rincian materi soal TKP 2021.

Ujian TKP bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan poin berikut;

Baca Juga: Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2021 untuk Pendaftar Khusus Disabilitas Hingga Papua

Pertama pelayanan publik, dengan tujuan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki;

Kedua jejaring kerja, dengan tujuaan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah