Bocoran Kisi-Kisi Soal Tes Intelegensia Umum TIU SKD CPNS 2021

- 9 Agustus 2021, 07:12 WIB
Contoh Soal SKD CPNS 2021, TWK, TIU dan TKP
Contoh Soal SKD CPNS 2021, TWK, TIU dan TKP /Instagram./bknofficial

Jurnal Makassar - Penting bagi pendaftar CPNS 2021 mengetahui kisi-kisi soal yang akan diujiankan di tahap Seleksi Kompetensi Dasar yang pelaksanaanya diprediksi berlangsung dalam waktu dekat ini.

Salah satu soal SKD yang dianggap sulit oleh banyak pendaftar adalah materi soal Tes Intelegensia Umum (TIU).

Apalagi pembobotan nilai materi soal TIU tak sama dengan TKP. Satu soal TIU apabila dijawab benar, pendaftar CPNS akan memperoleh nilai 5 dan jika salah atau tidak menjawab sama sekali, mendapat nilai 0. Adapun jumlah soal TIU yang akan dikerjakan nantinya sebanyak 35 butir soal.

Baca Juga: Bocoran Kisi-Kisi Soal SKD Tes Karakteristik Pribadi TKP CPNS 2021

Berdasarkan isi Keputusan Menteri PANRB No 1023/2021 Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 dijelaskan tujuan dan pokok bahasan materi TIU.

Ujian TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

Dalam Keputusan Menteri PANRB No 27/2021 dirincikan seputar bahasan dari kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

Baca Juga: Materi Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan TWK SKD CPNS 2021

Pertama kemampuan verbal, meliputi analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu. kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.

Selanjutnya silogisme, bertujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan. Kemudian analitis, bertujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah