Cara Cerdas Menggunakan Media Sosial yang Perlu Warganet Tahu!

- 21 September 2021, 13:42 WIB
Ilustrasi media digital atau media sosial.
Ilustrasi media digital atau media sosial. /Geralt/Pixabay.com/

Jurnal Makassar - Selama masa pandemi, penggunaan media digital hampir semua terjadi di lapisan masyarakat.

Ditengah meningkatnya penggunaan media digital ada hal yang perlu diwaspadai juga saat Anda harus bertukar informasi di dunia digital.

Apapun bisa dilakukan dan terkoneksi satu dengan yang lainnya di manapun Anda berada. Namun, ada sisi yang wajib dipahami juga oleh warganet.

Baca Juga: Pasca Integrasi, Bisnis BRI Didorong dari Mikro, oleh Mikro, dan untuk Mikro

Melansir Pikiran-Rakyat.com, kemudahan akses ini jangan sampai buat, Anda lali menyebarkan informasi tanpa fakta yang benar atau melakukan bullying melalui jari-jari Anda tanpa Anda sadari. Atau bahkan bisa jadi kelalaian Anda dalam bermedia sosial malah membocorkan data pribadi Anda.

Nah, oleh sebab itu, warganet yang pastinya sebagian besar bermain media sosial, pahami dulu bagaimana memanfaatkan teknologi ini dengan baik, tanpa merugikan orang lain ataupun diri kita sendiri.

Terutama bagi mereka yang masih usia sekolah dan remaja, pandai-pandailah dalam memilah informasi dan menyebarkan informasi, cerdas dalam memilih akun yang diikuti. Jangan sampai media sosial mengganggu kesehtaan mentalmu dan buat merugi. Bukan orang lain, tapi diri kita sendiri yang bakal merasakan kerugiannya.

Baca Juga: Lirik Lagu Dive With You by Seori feat. eaJ

Berikut sejumlah tips dan kiat agar warganet cerdas berselancar saat menggunakan media sosial.

Jaga etika prilaku berbahasa dan berkomunikasi
Walaupun Anda sedang berada di dunia maya. Pasalnya undang-undang mengawasi dan jejak digital tidak akan hilang. Oleh sebab itu tetaplah menjaga kesantunan dalam memberikan komentar. Jangan sampai menyinggung, menyakiti atau membully orang lain.

Halaman:

Editor: Aan Ariska Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x