Peristiwa Penting 5 Februari dari Awal Terbentuknya HMI Hingga Pemberontakan Kapal Tujuh Provinsi

- 5 Februari 2022, 11:11 WIB
Logo HMI
Logo HMI /Ahmad Fiqi Purba/Jurnalmedan/istimewa

Jurnal Makassar - Sejumlah peristiwa penting terjadi pada tanggal 5 Februari, diantaranya awal terbentuknya Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI.

Selain itu, ada pemberontakan di Kapal Tujuh Provinsi. Salah satu kapal terbesar yang dimiliki Pemerintah Hindia Belanda.

Simak berikut ini deretan Peristiwa Penting 5 Februari yang dirangkum JurnalMakassar.com dari berbagai sumber:

Baca Juga: PERISTIWA PENTING, 4 Februari: Facebook Berulang Tahun hingga Hari Kanker Sedunia

1. Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

Tanggal 5 Februari 1933, terjadi peristiwa penting. Dilepas pantai Sumatera, saat masih berkuasa pemerintahan Kolonial Belanda, terjadi pemberontakan.

Kapal Tujuh Provinsi (De Zeven Provincien) adalah kapal terbesar milik Pemerintah Hindia Belanda. Kapal tersebut digunakan untuk karantina sejumlah marinir dari Bangsa Eropa.

Terjadi peristiwa penting di atas Kapal Tujuh Provinsi, pada 5 Februari 1933. Mulai dari tanggal 27 Januari 1933, awak kapal sudah melakukan mogok kerja. Akibat pemotongan gaji yang dilakukan pihak kapal.

Baca Juga: Peristiwa Penting 3 Februari: Lunik 9 Mendarat di Bulan hingga Hari Optimis Sedunia

Puncaknya pada tanggal 5 Februari 1933, pemimpin pemberontakan di atas kapal itu mengeluarkan siaran pers dalam tiga bahasa yaitu Belanda, Inggris, dan Indonesia. Isinya bahwa Kapal Tujuh Provinsi sudah diambil alih dan sedang diarahkan berlayar ke Surabaya.

Halaman:

Editor: Aan Ariska Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x