Gasibu Akan Menjadi Lokasi Shalat Idul Fitri 1443 H, dihadiri oleh Ridwan Kamil

- 2 Mei 2022, 07:00 WIB
Ridwan Kamil besera keluarga akan melaksanakan sholat idul fitri di lapangan Gasibu
Ridwan Kamil besera keluarga akan melaksanakan sholat idul fitri di lapangan Gasibu /Instagram @jabarprovgoid/

Jurnal Makassar – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan melaksanakan shalat idul Fitri 1443 H di Lapangan Gasibu Bandung.

Lapangan Gasibu kembali dijadikan lokasi penyelenggaraan shalat Idul Fitri 1443 setelah dua tahun tidak dipergunakan karena pandemi Covid-19. Tahun ini Pemerintah Provinsi dan Masyarakat umum bisa kembali shalat Ied di tempat ini.

Bayu Umbara, selaku Kepala Spiritual Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jawa Barat, mengatakan bahwa lapangan Gasibu digunakan untuk shalat Ied mengcu pada Surat Edaran Menteri Agama No. 08 Tahun 2022 Tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/2022.

Baca Juga: Niat sholat Idul Fitri, Begini Tata Cara Pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan Niatnya

Pada poin 12 bahwa Pelaksanaan Sholat Ied dapat dilaksanakan di masjid atau di Lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Bayu mengatakan, akan menggelar rapat persiapan Kamis, 28 April 2022 ini dengan pihak-pihak pelaksanaan acara, terkait kesiapan Lap Gasibu dengan Biro Umum, Dinas Kesehatan, SatpolPP, Diskominfo, dan Dishub Jabar lainnya dengan Biro Administarasi pimpinan, di mana Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil) rencananya akan menunaikan shalat ied di lapangan Gasibu.

Bayu juga juga menjelaskan bahwa, secara umum, pada pelaksanaan shalat ied di Gasibu akan sesuai dengan Fatwa MUI terkait Pelaksanaan Ibadah Dalam Masa Pandemi bernomor Kep-28/DP-MUI/III/2022.

Fatwa tersebut disebutkan, Umat Islam wajib menyelenggarakan shalat Jumat dan boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak, seperti jamaah shalat lima waktu/rawatib, salat tarawih dan ied di masjid atau tempat umum lainnya, serta menghadiri pengajian umum dan majelis taklim dengan tetap menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19, ujar Bayu.

Baca Juga: Resep Soto Pangandaran Menu Lebaran Lesti Kejora, Sehat dan Simpel

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x