Profil Lengkap Budiman Sudjatmiko Sosok Politikus PDIP

- 3 Mei 2022, 18:00 WIB
Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko.
Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko. / Instagram @budiman_sudjatmiko

Jurnal Makassar – Budiman Sudjatmiko lahir pada tanggal 10 Maret 1970 di Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Budiman Sudjatmiko merupakan pasangan dari Wartono Sudjatmiko dan Sri Sulastri, ia merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Selama masa kecilnya, ia pernah tinggal di Bogor, Jogja, dan Cilacap.

Budiman Sudjatmiko berkembang menjadi pemuda aktif dalam berbagai organisasi dan diskusi sejak duduk di bangku SMP. Semua itu karena Budiman Sudjatmiko tumbuh dan berkembang dalam didikan keluarga yang kental dengan keagamaan, nasionalisme dan kepedulian.

Baca Juga: Prabowo Subianto Silahturrahmi Bertemu Megawati, Jokowi dan Puan Maharani di Hari Pertama Idul Fitri 1443

Budiman Sudjatmiko berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. Pada awal masa perkuliahannya, ia memasuki community organizer.

Community organizer adalah organisasi yang mengurus pemberdayaan politik, organisasi dan ekonomi di kalangan petani dan buruh yang ada di perkebunan sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur, sehingga ia tidak sempat menyelesaikan perkuliahannya tepat waktu karena organisasi yang diembannya.

Budiman bersekolah di SD Negeri Pengadilan 2 Bogor dan melanjutkan ke tingkat menengah pertama di SMP Negeri 1 Cilacap dan lulus di tahun 1986. Ia menginjakkan kakinya di SMA Negeri 5 Bogor dan lulus pada tahun 1989.

Pada 1996, Budiman di penjara karena menentang perintah Orde Baru selama 13 tahun.

Baca Juga: Profil Biodata Budisatrio Djiwandono Keponakan Prabowo, Lengkap Instagram, Jabatan, dan Usia

Usaha yang dilakukan dalam menentang perintah Order Baru dengan mendirikan Partai Rakyat Demokratik (PRD), sehingga ia dianggap sebagai dalang peristiwa 27 Juli 1996.

Halaman:

Editor: Andi Asoka Ulfa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah