Profil dan Biodata Julianto Eka Putra Pendiri SPI Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Berkedok Motivator

- 7 Juli 2022, 07:35 WIB
Profil dan biodata Julianto Eka Putra, motivator yang terjerat kasus kekerasan seksual yang kini viral di medsos.
Profil dan biodata Julianto Eka Putra, motivator yang terjerat kasus kekerasan seksual yang kini viral di medsos. /Tangkapan layar youTube.com/TRANSFORMER CENTER


Jurnal Makassar – Julianto Eka Putra sedang ramai dibicarakan karena tersandung kasus pelaku pelecehan seksual berkedok seorang motivator.

Kabar tersebut mencuat setelah 2 korban pelecehan seksual Julianto diundang dalam podcast Deddy Corbuzier.

Julianto Eka Putra merupakan pendiri dari Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI)
Dalam podcast Deddy Corbuzier tersebut kedua korban wanita tersebut menceritakan kronologi pelecehan yang dilakukan oleh Julian terhadap korban.

Baca Juga: Pikiran-Rakyat.com Sabet Penghargaan Media Brands Awards 2022 Dipuncak HUT SPS ke-75

Bahkan pengakuan si korban, Julianto melakukan percabulan tersebut berkali-kali dan juga mendapatkan kekerasan secara verbal.

Siapakah sosok Julianto Eka Putra yang diduga melakukan pelecehan seksual berkedok sebagai Motivator?

Berikut profil dan biodata Julianto Eka Putra:

Julianto Eka Putra, lahir 8 Juli 1972 yang akrab disapa sebagai Ko Jul merupakan seorang pebisnis, praktisi, dan motivator asal Indonesia, yang gemar membaca buku dan menonton film.
 
Julianto Eka Putra merupakan anak dari pasangan Tonny Singgih Utama dan Yanny Sindawati.
 
Ia merupakan anak sulung dari 3 bersaudara. Ia menikah dengan Yenny Tantono tahun 1998 dan memiliki tiga orang anak.
 
Pada 5 Agustus 2021 Julianto Eka Putra ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pelecehan seksual yang dilakukan terhadap siswa Selamat Pagi Indonesia.
 
Pada 2018, Julianto Eka Putra menjadi salah satu peserta nominasi Kick Andy Heroes. Namun, pemenang Kick Andy Heroes 2018 adalah Reky Martha.
 
Setelah menyelesaikan studinya selama 3,5 tahun di Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan predikat Cum Laude.
 
Ia memulai karir dengan menjadi sales vacuum cleaner, agen asuransi, mengelola toko emas, sales sepatu hingga berjualan keripik kentang. Julianto juga pernah menjabat Account Officer di Bank BDNI.
 
Pada saat bersamaan, Ko Jul juga menjalankan bisnis Multilevel Marketing (MLM) High Desert (HD) namun Ko Jul bukanlah pemilik HDI melainkan Brandon Chia.
 
Pada tahun 1996 saat kantor cabang MLM High Desert di Surabaya akan ditutup karena dinilai tidak berkembang, Julianto bertekad mempertahankan MLM High Desert bersama 4 orang temannya dengan modal patungan.
 
Sejak saat itu, Ia mulai mengembangkan MLM High Desert sebagai Stokist bersama Ino Mulyadi, Tonny Hermawan Adikarjo, Tjandra Gunawan, dan Alexius Sutodjo Tedjosukmono yang membesarkan bisnis MLM High Desert dan Binar Group.
 
Saat ini Julianto Eka Putra telah membangun lebih dari 20 perusahaan dibawah bendera Binar Group dan jaringan bisnis yang tersebar di berbagai kota seperti di Jakarta, Makassar, Semarang, Surabaya, Batu, dan di seluruh Indonesia.
 
Selain itu, Ko Jul juga menjadi pembicara dan trainer tingkat nasional dan internasional pada training – training pengembangan diri, yang telah diikuti oleh ratusan ribu orang.
 
Julianto Eka Putra menjalani sidang perdana kasus dugaan tindak pelecehan seksual dan kekerasan terhadap anak di Pengadilan Negeri Malang, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Sidang perdana ini mengenai agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). JPU yang menuntut terdiri atas jaksa dari Kejati Jatim dan Kejari Batu.
 
Dalam sidang tersebut Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang diwakili Edi Sutomo mengatakan pihaknya membacakan dakwaan yang disangkakan untuk terdakwa Julianto Eka Putra yaitu pasal 81 Jo Pasal 76D atau pasal 82 Pasal 76E UU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan PP pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi UU pasal 64 KUHP.***

Editor: Andi Asoka Ulfa


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah