Indikator Politik Indonesia: Erick Thohir Sosok Cawapres Paling Didukung Jokowi

- 30 September 2023, 18:53 WIB
 Erick Thohir Ingin Timnas Lolos Grup Piala Dunia U-17
Erick Thohir Ingin Timnas Lolos Grup Piala Dunia U-17 / Antaranews/

JurnalMakassar.com - Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Erick Thohir merupakan sosok calon wakil presiden (cawapres) yang paling didukung Presiden Joko Widodo, dengan angka mencapai 22 persen.

“Setelah Erick, ada nama Ridwan Kamil (9,7 persen), lalu Sandiaga Uno (8,4 persen), ada juga Puan Maharani (5,3 persen),” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Swing Voters, Efek Sosialisasi dan Tren Elektoral Jelang Pilpres 2024’ secara virtual, Sabtu, 30 September 2023.

Dia mengatakan untuk nama kandidat cawapres lain mendapatkan dukungan dari Presiden Jokowi adalah Khofifah Indar Parawansa (3,9 persen), Mahfud MD (3,5 persen), dan Airlangga Hartarto (1,8 persen).

Baca Juga: Sinopsis Teka Teki Tika Film Karya Ernest Prakasa, Wanita Misterius yang Muncul Tiba-tiba

Pada temuan lain, survei Indikator juga mendapatkan hasil bahwa kuatnya dukungan publik yang menilai Erick sebagai cawapres paling pantas untuk Prabowo Subianto.

“Dalam simulasi 10 nama, mayoritas publik menilai Erick Thohir paling pantas menjadi wakil presiden untuk Prabowo. Ada dukungan mencapai 25,8 persen,” kata Burhanuddin.

Di posisi kedua ada nama Gibran Rakabuming (14,1 persen), Khofifah Indar Parawansa (5,1 persen).

"Lagi-lagi angkanya tak setinggi Erick. Yang menilai Khofifah layak mendampingi Prabowo baru berada di angka 5,1 persen," ujarnya.

Baca Juga: Sinopsis Yo Wis Ben 3, Film Garapan Bayu Skak Berbalut Cinta dan Komedi

Selain itu, Airlangga Hartarto (4,8 persen), Muhaimin Iskandar (4,4 persen), Yenny Wahid (1,8 persen), dan Yusril Ihza Mahendara (1 persen).

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x