Unhas dan ICMI Gelar National Leadership Camp, Fokus pada Penguatan Ekosistem Pembangunan Umat dan Masyarakat

- 4 November 2023, 08:17 WIB
Menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Prof. Dr. Moh. Mahfud MD sebagai pembicara utama.
Menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Prof. Dr. Moh. Mahfud MD sebagai pembicara utama. /HO-Humas Unhas

JurnalMakassar.com - Universitas Hasanuddin berkolaborasi bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar National Leadership Camp dengan topik “Penguatan Ekosistem Pembangunan Umat dan Masyarakat untuk Mewujudkan Indonesia yang Kuat dan Bermartabat”.

Menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Prof. Dr. Moh. Mahfud MD sebagai pembicara utama.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita di Aula Prof. Amiruddin, Fakultas Kedokteran Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis 2 November 2023.

Baca Juga: Unismuh Makassar Gelar Panrita THEF 2023, Kerjasama 14 Perguruan Tinggi Terbaik Taiwan

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni dan Sistem Informasi Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum., selaku Ketua Panitia Kegiatan. Dirinya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen bersama untuk mewujudkan komitmen dalam mendukung pembangunan bangsa yang lebih baik.

National Leadership Camp ini menjadi wadah berinteraksi bagi para peserta untuk mendiskusikan isu-isu krusial yang berkaitan dengan perkembangan bangsa. Dengan partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk para cendekiawan, akademisi, praktisi, dan pemimpin masyarakat, dan pemuda Indonesia diharapkan hasil diskusi dari acara ini akan memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan visi Indonesia yang kuat dan bermartabat.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. JJ dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi penyemangat untuk menyadari betapa pentingnya visi Indonesia Emas 2045, salah satunya dengan mencapai tujuan utama pendidikan adalah mencetak calon pemimpin bangsa yang akan membawa Indonesia ke masa depan yang lebih baik.

“Dalam perjalanan sejarah yang panjang, lebih dari 100 tahun perjuangan kebangsaan telah melahirkan pemikiran kritis yang mendukung pembangunan daerah. Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, iman dan taqwa menjadi bagian integral dalam memperkuat kapasitas bangsa ini, termasuk dalam menghadapi perubahan pengetahuan dan teknologi,” jelas Prof. JJ.

Baca Juga: RS PKU Unismuh Mulai Beroperasi 9 November 2023, Berikut Rincian Fasilitasnya

Lebih lanjut, Prof. JJ menuturkan bahwa sebagai anak bangsa kita harus memahami kondisi bangsa secara umum dan menjaga keseimbangan antara berbagai wilayah, termasuk Timur dan Barat Indonesia. Dalam membangun NKRI yang kokoh, peran Unhas dan institusi pendidikan lainnya sangat penting, terutama dalam hal pemberian pendidikan terbaik di wilayah Timur.

“Perguruan tinggi memiliki peran kunci dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Perguruan tinggi harus berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas, bukan hanya dalam hal menguasai pengetahuan, tetapi juga dalam membentuk karakter pemimpin masa depan,” jelas Prof. JJ

Wakil Ketua Umum ICMI Prof. Dr. Ir. Jafar Hafsah dalam sambutannya menuturkan peran ICMI sebagai sebagai rumah besar bagi umat Islam dan seluruh rakyat Indonesia, senantiasa berupaya menyampaikan kemaslahatan dan memegang posisi penting dalam membawa manfaat, kebenaran, dan keadilan kepada seluruh Republik Indonesia.

“Tujuan utama adalah memberikan inspirasi kepada kehidupan berbangsa dan bernegara. Kami adalah rumah besar bagi umat, baik umat Islam maupun seluruh rakyat Indonesia. kami juga berkomitmen untuk melakukan pembinaan dan kaderisasi. Kami ingin menciptakan pemimpin-pemimpin muda yang memiliki visi cerah untuk bangsa ini. Kami bekerja sama dengan berbagai lembaga, termasuk perguruan tinggi, dalam upaya mendukung pendidikan yang unggul,” jelas Prof. Jafar.

Baca Juga: Amri Arsyid Sambangi 28 Titik Di Sulsel 3, Targetkan PKS Dapat Kursi DPR RI

Setelah sesi sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama para narasumber yang hadir.***

Editor: Aan Febriansyah


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah