Sinergi Bank Indonesia dengan Stakeholders Dorong Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Daerah

- 3 April 2023, 18:00 WIB
Zona Khas BI
Zona Khas BI /

JurnalMakassar.com - Sebagai wujud nyata upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Selatan, Bank Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pekan Ekonomi Syariah (Pesyar) 2023 mulai 20 Maret hingga 15 April 2023.

 

Terdapat tiga kegiatan utama, yakni: Peluncuran Zona Kawasan Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) Lego-Lego dan pelepasan ekspor halal bersama Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan; Penyelenggaraan showcasing produk modest fashion pada kegiatan Trend Hijab x IN2MOTIONFEST; dan Pelaksanaan pelatihan pelaku usaha halal.

Pesyar Sulawesi Selatan 2023 juga merupakan rangkaian acara menuju Festival Ekonomi dan Keuangan Syariah Kawasan Timur Indonesia (Fesyar KTI) yang akan dilaksanakan pada 26 Mei 2023 di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga: Meriahkan HUT ke 122 Pegadaian Makassar Gratiskan Biaya Admin Produk dan Berbagi ke 71 Panti Asuhan

Peluncuran zona KHAS pada Senin, 3 April 2023 merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Bank Indonesia dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Selain itu, peluncuran zona KHAS Lego-Lego dan pelepasan ekspor halal juga merupakan salah satu tindak lanjut dari Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (Fesyar KTI) sebelumnya pada tahun 2022 yang mencanangkan komitmen percepatan pengembangan Zona KHAS di Provinsi Sulawesi Selatan serta mendorong ekspor produk halal.

Zona KHAS Lego-lego diharapkan bisa menjadi kawasan percontohan ekonomi syariah terpadu, yang meliputi pengembangan rantai nilai halal dan kawasan wisata syariah, pada lingkup wilayah KTI maupun nasional.

Baca Juga: Rayakan HUT Ke-122 Pegadaian Komitmen Dukung Sahabat UMKM Lewat Berbagai Program

Peluncuran zona KHAS ini juga diharapkan dapat mendorong pembentukan zona KHAS lainnya mengingat potensi pengembangan ekonomi syariah di Sulawesi Selatan yang begitu besar.

Selain itu, dengan wilayah yang luas, demografi penduduk, dan dukungan sumber daya alam membuat Sulawesi Selatan sangat potensial dalam pengembangan rantai nilai halal (halal value chain).

Selanjutnya, rangkaian kegiatan Pesyar 2023 juga menghadirkan showcasing produk modest fashion melalui event Trend Hijab x IN2MOTIONFEST pada 7-16 April 2023 di Hotel Claro, Makassar.

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah