7 Bansos Cair Oktober 2021 ada BLT Anak Sekolah, Prakerja, BSU, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

- 28 September 2021, 07:10 WIB
Bansos PKH, BST dan BPNT Bagi Terdampak COVID-19 Dilanjutkan Hingga 2022, Pemerintah Siapkan Dana Rp74,08 Triliun / pexels.com-ahsanjaya
Bansos PKH, BST dan BPNT Bagi Terdampak COVID-19 Dilanjutkan Hingga 2022, Pemerintah Siapkan Dana Rp74,08 Triliun / pexels.com-ahsanjaya /

Jurnal Makassar - Daftar bansos yang dijadwalkan masih cair bulan Oktober 2021, lengkap cara mendaftar dan mengecek nama penerima.
 
Memasuki bulan Oktober 2021, pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat agar tetap dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19.
 
Berbagai cara dilakukan, termasuk menyalurkan beberapa bantuan sosial atau bansos sebagai stimulus ekonomi warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mulai Tahun 2022 Beli Tabung Gas Elpiji Harus Pakai Kartu Sembako, Bagaimana Cara Mendapatkannya?
 
Bantuan yang diberikan dalam berbagai bentuk misalnya uang tunai, pemberian pelatihan, subsidi gaji, subsidi listrik hingga pemberian langsung bahan pokok.
 
Adapun daftar bansos yang masih akan dicairkan pemerintah di bulan Oktober 2021 yaitu;

1.    BLT Anak Sekolah
Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan program subsidi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi anak sekolah yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga: Cara Daftar BLT Anak Sekolah Rp4,4 Juta, Simak Syaratnya dan Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id
 
Bansos PKH Kemensos disalurkan mulai Januari, April, Juli lalu dan akan cair lagi pada Oktober 2021 melalui BNI, BRI, Mandiri dan BTN.
 
Besaran subsidi BLT khusus anak sekolah akan diberikan berdasarkan jenjang atau tingkatan. Dimulai dari pelajar SD diberi bantuan Rp 900.000/orang. Pelajar SMP/MTs Rp 1.500.000/orang, dan pelajar SMA/MA mendapat Rp 2.000.000/orang.
 
Syarat mendapatkan BLT anak sekolah 2021 yaitu memiliki Kartu Indonesia Pintar, terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal, penerima wajib terdaftar di Data Pokok Pendidikan Lembaga Pendidikan.

Baca Juga: Segera Cek Penerima BLT UMKM, Begini Cara Cairkan BPUM tahap 3 yang Sudah Hampir Berakhir
 
Apabila pelajar tidak memiliki KIP, maka dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan setempat. Bagi yang tidak memiliki KKS, bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu di RT/RW atau kelurahan domisili.

2.      Bantuan Kuota
Pemerintah bulan Oktober tetap memberikan bantuan paket kuota data internet. Bantuan kuota internet diberikan 3 kali selama 4 bulan dari September sampai dengan Desember 2021.

Bantuan kuota tersebut merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: BLT UMKM Cair Sampai 30 September 2021, Cek Penerima BPUM di eform.bri.co.id dan banpresbpum.id

Besaran kuota yang diberikan bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Info lengkap terkait bantuan kuota dapat dicek di https://kuotadikti.kemdikbud.go.id/

3.      Kartu Prakerja
Program Kartu Prakerja saat ini sudah memasuki gelombang 21, Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu  mengatakan bahwa kemungkinan masih akan dibuka Prakerja Gelombang 22 dengan memanfaatkan sisa anggaran dari kepesertaan yang dicabut.
 
"Kami terus memantau kepesertaan yang dicabut dari gelombang 18-21 karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Prakerja," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja.

Halaman:

Editor: Andi Asoka Ulfa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x