Hubungan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dengan Sejarah Tragedi G30S PKI 1965

- 30 September 2021, 19:22 WIB
Monumen Pancasila yang didirikan untuk mengenang pahlawan revolusi yang menjadi korban G30S PKI dan 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.
Monumen Pancasila yang didirikan untuk mengenang pahlawan revolusi yang menjadi korban G30S PKI dan 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. /Tangkapan layar kemdikbud.go.id

Jurnal Makassar - 1 Oktober merupakan peringatan hari kesaktian Pancasila yang berhubungan dengan G30S yang dinilai sebagai catatan kelam sejarah bangsa Indonesia.

Hari kesaktian Pancasila yang menjadi hari besar nasional pada 1 Oktober adalah hari peringatan yang berkaitan dengan peristiwa berdarah yang dikenal dengan istilah G30S PKI.

G30S PKI sendiri terjadi pada 30 September 1965 yang menyebabkan penculikan dan pembunuhan terhadap 6 jenderal dan 1 perwira angkatan darat.

Baca Juga: 10 Fakta Film G30S PKI Mulai dari Propaganda, Kontroversi, Hingga Ongkos Produksi Termahal

Kejadian tersebut menurut beberapa pihak, didalangi oleh PKI yang memperalat kesatuan pengamanan presiden yakni pasukan Cakrabirawa.

Kemudian pada tahun 1966, Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan terhadap korban G30S PKI tersebut sebagai pahlawan yang mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia.

Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga ditetapkan sebagai hari besar nasional untuk mengingatkan seluruh bangsa Indonesia tentang catatan hitam sejarah G30S, agar di masa depan tidak terulang lagi.

Baca Juga: Sinopsis Squid Game Episode 6: Gganbu, Lengkap Link Nonton dan Download Sub Indo

Seperti diketahui, pelaksanaan upacara peringatan Pancasila dilakukan dengan cara mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk belasungkawa terhadap para korban 1965.

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x