Fadli Zon Berharap Tidak Ada Pihak yang Batalkan Penayangan Film Pengkhianatan G30S-PKI

- 24 September 2021, 18:02 WIB
Cover Film G30S PKI.
Cover Film G30S PKI. /Istimewa


Jurnal Makassar - Film "Pengkhianatan G30S-PKI" dijadwalkan akan kembali ditayangkan oleh salah satu TV swasta Indonesia pada 30 September 2021 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, melalui akun Twitternya, Mantan Wakil Ketua DPR-RI, Fadli Zon, berharap tidak ada pihak yang membatalkan penayangan nonton film "Pengkhianatan G30S-PKI"

"Mudah-mudahan tak ada telepon untuk membatalkan siaran nonton film ini," tulis Fadli menanggapi poster jadwal film tersebut.

Baca Juga: Begini Cara FPPI Kota Makassar Peringati Hari Tani

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, film tersebut kerap menimbulkan kontroversi, terutama tentang mengenai penting atau tidaknya penyiaran "Pengkhianatan G30S-PKI" disiarkan kembali atau tidak.

Sejak pertama rilis pada tahun 1984, film tersebut adalah tontonan wajib bagi seluruh masyarakat. Pada era Pemerintahan Orde Baru, "Pengkhianatan G30S-PKI" menjadi sering ditayangkan di TVRI.

Namun selepas kekuasaan Orde Baru mengalami kebangkrutan, sehingga Soeharto harus meninggalkan tahta Kepresidenan pada 1998. Indonesia masuk ke era reformasi.

Baca Juga: Video Siswa SD Pulang Sekolah Gunakan Styrofoam, Susi Pudjiastuti Ajak Fadli Zon Patungan

Di era reformasi inilah, di bawah pimpinan Presiden B.J Habibie, "Pengkhianatan G30S-PKI" sempat tidak ditayangkan.

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah