Benarkah Pembangunan Jalan Tol di Indonesia tak Aman? Begini Penjelasan Kementerian PUPR

- 9 November 2021, 20:49 WIB
Ilustrasi Benarkah Pembangunan Jalan Tol di Indonesia tak Aman? Begini Penjelasan Kementerian PUPR
Ilustrasi Benarkah Pembangunan Jalan Tol di Indonesia tak Aman? Begini Penjelasan Kementerian PUPR /Pexels

Jurnal Makassar - Usai kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Bibi di Tol Trans Jawa KM 673+300A ruas Jombang-Mojokerto, Jawa Timur beredar video yang menyebut infrastruktur jalan tol di Indonesia tak aman.

Menurut versi video yang diunggah akun Instagram resmi @anakteknikindo dan berhasil viral tersebut, faktor penyebab jalan tol di Indonesia dinilai kurang aman karena dinding pembatas jalan tol dibuat dari beton kokoh.

Selain itu perkerasan jalan tol dibuat dari beton semen, sehingga mempengaruhi daya cengkram ban yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Ada Unsur Sengaja dalam Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Tubagus Joddy Bisa Dipidana?

Dalam caption postingan Instagram @anakteknikindo juga menyebut bahwa pemerhati jalan raya, Gatot Rusbintardjo menilai jalan tol di Indonesia ini tidak aman bagi pengendara yang mengunakan fasilitas jalan tol.

Setelah postingan tersebut viral, akun Instagram resmi Kementerian PUPR @kemenpupr tiga hari lalu mengunggah video berisi klarifikasi soal kondisi jalan tol di Indonesia.

Dalam penjelasannya, Kementerian PUPR menyebut jika kabar yang beredar soal jalan tol tak aman adalah hoax.

Baca Juga: Gala Terus Dijadikan Konten, Ayah Vanessa Angel Mengaku Sangat Keberatan

Lebih lanjut dalam video tersebut dijelaskan bahwa setiap pembangunan jalan tol di Indonesia semua melalui rangkaian uji laik fungsi dan uji laik operasi, sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Adapun alasan penggunaan dinding beton sebagai pembatas antar jalur pada jalan tol karena mempertimbangkan fatalitas kecelakaan.

Halaman:

Editor: Aan Ariska Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah