Hacker dari Brasil Mengaku Retas Situs Polri, Ada 28 Ribu Data yang Bocor

- 18 November 2021, 15:33 WIB
Ilustrasi dari seorang hacker yang mencoba untuk melakukan peretasan
Ilustrasi dari seorang hacker yang mencoba untuk melakukan peretasan /whatismyipaddress.com

Jurnal Makassar - Peretas Brasil Son1x kembali beraksi dan meretas situs kepolisian Indonesia.
Sebanyak 28 ribu data diduga milik Kepolisian Republik Indonesia bocor dan disebar gratis oleh salah satu warganet di Twitter, Kamis 17 November 2021.

Kabar kebocoran data Polri itu diungkap oleh akun @Son1x666. Lewat postinganya, ia membagikan dua tautan untuk mengunduh file data yaitu "polrileak.txt" berukuran 10,27 MB dan "polri.sql".

Untuk itu dilansir dari PMJ New Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri tengah menyelidiki seorang peretas asal Brazil yang mengaku berhasil membobol data Polri. Hacker tersebut menceritakan aksi pembobolan melalui akun Twitternya @son1x666.

Baca Juga: BRI Liga 1: Link Live Streaming dan Prediksi Susunan Pemain PSM Makassar vs PSS Sleman

Baca Juga: ART Riri Khasmita Gelapkan Aset Rp 17 M Milik Nirina Zubir

"Sedang ditangani Dittipidsiber Bareskrim Polri, nanti kalau sudah ada updatenya akan diinformasikan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi.

Melalui akun twitternya, hacker tersebut mengaku telah mengantongi sejumlah data pribadi dan rahasia dari para anggota Polri termasuk dengan orang-orang terdekatnya pada Rabu 17 November 2021.

"Polri berhasil diretas. Ada 28k (28.000) akun dan data pribadi yang bocor. Kebocoran ini berisi informasi pribadi dan rahasia serta kredensial pekerja Polri," tulis pemilik akun @son1x666 tersebut.

Baca Juga: Ini Waktu tepat dan Cara Menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian Terlama Abad Ini 19 November 2021

Halaman:

Editor: Irsal Masudi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah