Mau Terima BLT Desa Rp300 Ribu? Ketahui Kriterianya Akses Segera di sid.kemendesa.go.id

- 19 November 2021, 19:51 WIB
Ilustrasi Penyaluran BLT Dana Desa 2021 oleh Kemendesa PDTT
Ilustrasi Penyaluran BLT Dana Desa 2021 oleh Kemendesa PDTT /Tangkap layar Instagram @kecamatan_ciomas

Jurnal Makassar - Berikut cara mendapatkan BLT Desa sebesar Rp300 ribu yang akan segera cair November dan Desember akses sid.kemendesa.go.id

Demi mengentaskan masalah kemiskinan akibat pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun kedua di Indonesia, pemerintah memberikan sejumlah program bantuan di tengah pemberlakuan PPKM, salah satunya BLT Desa.

Pemerintah bahkan akan menambah sejumlah program bantuan sosial.
Penambahan bansos di antaranya adalah BLT Desa sebesar Rp300 ribu selama tiga bulan. Bantuan ini akan diberikan pada 694 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Alhamdulillah Ada BLT Desa akan Cair Rp300 Ribu Tahun Ini, Simak Ulasannya

"Ini membutuhkan surat edaran bersama Kemendagri dan Kemendes dan ini penyesuaian PMK sedang disiapkan," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas secara tertutup, Kamis 18 November 2021

Penyaluran Bantuan BLT Desa rencananya akan dipercepat. Adapun BLT Desa akan melalui penyaluran Dana Desa dari pemerintah pusat.

Untuk pendataan calon penerima BLT Desa, Kepala Desa di masing-masing wilayah akan mendaftarkan langsung dengan mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kemensos.

Baca Juga: Hore! Selain Top Up Kartu Sembako, Ada BLT Desa Rp300 Ribu Cair Tahun Ini

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020, dirinci penerima manfaat BLT Dana Desa harus memenuhi kriteria berikut:

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah