Bantuan BLT Dana Desa dan Top Up Kartu Sembako Kembali Cair Desember 2021

- 20 November 2021, 07:19 WIB
Ilustrasi penerima BLT Desa.
Ilustrasi penerima BLT Desa. /Instagram @smindrawati/

Jurnal Makassar – Program bantuan pemerintah rencananya akan kembali disalurkan pada desember 2021 mendatang.

Program bantuan tambahan kembali dihadirkan pemerintah sebagai upaya pemberantasan kemiskinan oleh pemerintah di tengah terjadinya resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Bantuan tambahan yang dimaksudkan pemerintah adalah BLT dana desa dan top up kartu sembako yang rencananya akan disalurkan pada akhir tahun 2021 ini.

Penambahan bantuan sosial oleh pemerintah dimaksudkan untuk mengikis lonjakan kemiskinan yang membuat masyarakat mengalami kesulitan dalam mengakses ekonomi.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Tingkat Kemiskinan Ekstrem Jadi Nol Persen di Tahun 2024

Dalam program bantuan tambahan BLT dana desa dan top up kartu sembako, masing-masing dianggarkan senilai Rp300 ribu untuk para keluarga penerima manfaat.

Langkah yang ditempuh pemerintah untuk menanggulangi lonjakan kemiskinan adalah melakukan penyaluran program bantuan BLT dana desa kepada 649 ribu keluarga penerima manfaat.

“Program yang didorong di tahun ini adalah top up BLT dana desa sebesar Rp300 ribu x 3 per bulan, jumlah sasarannya adalah 649 ribu KPM. Ini membutuhkan surat edaran bersama Kemendagri dan  Kemendes dan ini penyesuaian Peraturan Menteri Keuangan sedang disiapkan,” terang Menko Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas mengenai penanganan kemiskinan ekstrim yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Kamis, 18 November 2021.

Upaya penanganan dan pengentasan tingkat kemiskinan di target pemerintah mencapai nol persen pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Kapan Jadwal Terbaru Pencairan Top Up Kartu Sembako Rp300 Ribu? Simak Penjelasan Menko Airlangga Hartarto

Halaman:

Editor: Andi Asoka Ulfa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah