Sejarah Hari Raya Nyepi, Rangkaian Upacara serta Makna Hari Raya Tahun Baru Saka

- 2 Maret 2022, 21:00 WIB
Ada Apa Tanggal 3 Maret 2022? Peringatan Hari Raya Nyepi 2022 dan Peristiwa Penting Lainnya.*
Ada Apa Tanggal 3 Maret 2022? Peringatan Hari Raya Nyepi 2022 dan Peristiwa Penting Lainnya.* /Pexels / Artem Beliaikin.

Jurnal Makassar - Hari Raya Nyepi akan jatuh pada Kamis, 3 Maret 2022 dan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri pada 3 Maret 2022 akan menjadi hari libur nasional untuk merayakan hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944.

Hari Raya Nyepi merupakan tahun baru bagi umat Hindu yang berasal dari penanggalan kalender Saka yang dimulai tahun 78 Masehi.

Hari Raya Nyepi merupakan salah satu hari suci bagi umat Hindu, hari raya Nyepi merupakan hari yang sangat dinantikan umat Hindu dan merupakan momentum bagi para penganut kepercayaan Umat Hindu.

Baca Juga: Sejarah dan Makna Hari Raya Nyepi 2022 dan Tahun Baru Saka untuk Umat Hindu

Lantas bagaimana sejarah awal mulanya hari raya Nyepi? Bagaimana rangkaian-rangkaian acara hari raya Nyepi bagi umat Hindu yang merayakan, dan apa makna hari raya nyepi bagi mereka yang merayakan?

Berikut ulasan tentang sejarah hari raya nyepi, rangkaian upacara beserta maknanya yang dirangkum penulis dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Raya Nyepi bermula ketika seorang pengelana bernama Aji Saka dan ia diketahui menganut agama Hindu sebagai kepercayaannya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ilija Spasojevic Pemain Bali United, Kini jadi Top Skor Sementara BRI Liga 1

Waktu itu Aji Saka mendarat di Rembang, Jawa Tengah sekitar tahun 4,5 atau 6 tahun Masehi, kedatangan Aji Saka ke nusantara bersamaan dengan dimulainya kalender Saka yang juga merupakan awal mula penyebaran agama Hindu.

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x