Ahli Sebut Cacar Monyet Belum Ada Obatnya, Apakah Sudah Masuk di Indonesia?

- 20 Mei 2022, 18:50 WIB
Ilustrasi penyakit cacar monyet - Simak penjelasan lengkap tentang cara pengobatan cacar monyet atau monkeypox, juga apakah mematikan atau tidaknya.
Ilustrasi penyakit cacar monyet - Simak penjelasan lengkap tentang cara pengobatan cacar monyet atau monkeypox, juga apakah mematikan atau tidaknya. /Pixabay/Gerd Altmann/

Jurnal Makassar - Meskipun sampai saat ini, kasus cacar monyet belum dilaporkan di Indonesia, namun untuk mewaspadai atau antisipasi bisa mengetahui lebih awal.

Pada dasarnya, cacar monyet merupakan endemik Nigeria dan dianggap 'langka dan tidak biasa'.

Meski saat ini sudah ditemukan di inggris raya, Ahli Sebut Cacar Monyet Belum Ada Obatnya, Apakah Sudah Masuk di Indonesia.

Baca Juga: Tanda-tanda Terkena Cacar Monyet atau Monkeypox, Gejala Ini Paling Umum Dirasakan, Tetap Waspada

Dari situs WHO melaporkan, bahwa kasus yang sering ditemukan “dekat dengan hutan hujan tropis di mana terdapat hewan pembawa virus”.

Bukti infeksi virus monkeypox telah ditemukan pada hewan termasuk tupai, tikus rebus Gambia, dormice, berbagai spesies monyet dan lain-lain, bunyinya.

Hal ini ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh, lesi pada kulit atau pada permukaan mukosa internal, seperti di mulut atau tenggorokan, tetesan pernapasan dan benda-benda yang terkontaminasi.

Dilansir dari indianexpress, pada umumnya mereka yang memiliki gejala cacar monyet di Inggris Raya setelah melakukan perjalanan luar negeri.

Baca Juga: Cacar Monyet Terdeteksi di Indonesia? Ketahui Cara Penularan Monkeypox yang Sedang Melanda Inggris Raya

Beberapa negara yang menjadi tujuan mereka yang terdeteksi cacar monyet seperti Nigeria.

Halaman:

Editor: Aan Ariska Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah