Daerah Tonggak Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia, Kepala BPIP: Muntok Jangan Sampai Dilupakan

- 27 Juli 2022, 18:29 WIB
Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan sejarah di Muntok Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung jangan sampai dilupakan.
Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan sejarah di Muntok Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung jangan sampai dilupakan. /

Jurnal Makassar – Tak banyak yang tahu jika salah satu daerah di Provinsi Bangka Belitung, lebih tepatnya di Muntok Kabupaten Bangka Barat adalah tonggak sejarah kemerdekaan RI.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan Muntok merupakan salah satu daerah tonggak sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia menambahkan, alasan Muntok jadi tonggak bersejarjah kemerdekaan Republik Indonesia karena banyak para pendiri bangsa yang diasingkan di daerah tersebut diantaranya Soekarno-Hatta.

Baca Juga: BPIP dan Pangdam V/Brawijaya Perkuat Kolaborasi Bumikan Pancasila

"Disini ada cerita sejarah yang tidak tersentuh, dengan mengingat kembali sejarah dapat menyemangati kita untuk lebih maju dalam memajukan negara Indonesia berdasarkan semangat jejak Bung Karno dan Bung Hatta", ujarnya saat membuka pameran foto sejarah di Museum Timah Indonesia Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung, (26/7).

Ia mengakui dengan diasingkannya para pendiri bangsa itu, Muntok memiliki peran besar untuk Indonesia, terutama melawan penjajah.

Selain membuka pameran foto Kepala BPIP yang didampingi Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si juga melanjutkan Kunjungan Jejak Sejarah Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Wisma Ranggam dan Bukit Menumbing yang merupakan salah satu tempat bersejarah.

"Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena dengan perjuangan para pendiri bangsa dan Ideologi Pancasila kita sampai saat masih masih merasakan kemerdekaan ditengah-tengah perang Dunia ke II", ujarnya.

Baca Juga: Kepala BPIP Yudian Wahyudi Populerkan Salam Pancasila ke Peserta Seminar Nasional

"Sejarah mencatat bahwa banyak negara pasca perang dunia kedua menjadi negara yang terpecah belah, namun tidak dengan Indonesia, tegasnya.

Halaman:

Editor: Aan Ariska Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah