Representasi Jawa dan Luar Jawa, Indikator: Prabowo-Erick Lebih Meng-Indonesia

- 20 Oktober 2023, 17:56 WIB
Bursa Cawapres Prabowo Subianto, Erick Thohir Diklaim PAN sebagai Cawapres Prabowo
Bursa Cawapres Prabowo Subianto, Erick Thohir Diklaim PAN sebagai Cawapres Prabowo /

JurnalMakassar.com - Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan pemilihan Erick Thohir sebagai cawapres akan menjadikan pasangan Prabowo-Erick memiliki keunggulan dari representasi Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

Hal ini berbeda dengan pasangan Anies-Muhaimin yang berasal dari Pulau Jawa, serta Ganjar-Mahfud MD, meski Burhanuddin menilai Madura merupakan juga bukan termasuk Pulau Jawa.

"Dari sisi elektoral, memang Erick ini lebih meng-Indonesia," ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk "Pergeseran Dukungan Partai dan Capres jelang Pendaftaran Capres dan Cawapres 2024" di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Baca Juga: 10 Tanda Anda Harus Membeli Smartphone Baru

Burhanuddin menyampaikan Erick memiliki keunggulan merata di sejumlah daerah dan tidak terpaku pada satu wilayah.

Hal ini membedakan dirinya dengan Ridwan Kamil maupun Khofifah Indar Parawansa yang hanya memiliki basis dukungan lokal.

"Erick Thohir ini relatif kuat di mana-mana, makanya saya sebut lebih meng-Indonesia. Di Jatim, dia kuat, di Jateng demikian, di Sumatera juga bagus, di Jabar nomor dua hanya kalah dari Ridwan Kamil," ucap Erick.

Namun begitu, Burhanuddin menyebut keputusan akhir tetap berada di tangan para partai koalisi untuk memutuskan Erick menjadi cawapres Prabowo.

Baca Juga: Makna Dibalik Baju Putih yang Dipakai Mahfud MD Saat Daftar ke KPU Dampingi Ganjar Pranowo

Peneliti Universitas Harvard Seth Nathan Soderborg mengatakan Erick Thohir menjadi pilihan tepat bagi Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024.

Seth menilai kedekatan Erick dengan Nahdlatul Ulama (NU) menjadi nilai lebih jika dibandingkan Gibran Rakabuming Raka.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x