Ratusan Aktivis Lintas Ormas Islam Deklarasikan MAKRAM di Makassar

- 23 Oktober 2023, 09:40 WIB
Deklarasi MAKRAM di Makassar
Deklarasi MAKRAM di Makassar /HO- Humas

JurnalMakassar.com - Ratusan aktivis dari berbagai organisasi Islam dari sejumlah provinsi dan beberapa kabupaten di Sulsel hadir mendeklarasikan Majelis Kebangsaan Rahmatan Lil Alamin (MAKRAM), di Hotel Grand Imawan, Jalan Pengayoman, Kota Makassar, Sabtu sore, 21 Oktober 2023.

Pembacaan naskah deklarasi dipimpin oleh DR. KH. Hasan Basri Rahman selaku Amirul Majelis Rahmatan Lil Alamin dan diikuti ratusan peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan itu.

"Deklarasi. Bismillahirrahmanirrahim. Atas rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan dengan memohon ridhoNya, pada hari ini, Sabtu, tanggal 21, bulan Oktober, tahun 2023 Masehi, bertepatan dengan tanggal 7, bulan Rabiul Akhir, tahun 1445 Hijriyah, kami secara resmi mendeklarasikan Majelis Kebangsaan Rahmatan Lil ‘Alamin yang disingkat MAKRAM. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberkahi kita semua. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin," kata Kyai Hasan Basri.

Baca Juga: Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Ketua Presidium Majelis Kebangsaan Rahmatan Lil Alamin, Profesor Muhammad Asdar, mengatakan lembaga ini ibarat bayi yang baru lahir, dan di momentum deklarasi nasional inilah acara aqiqahnya.

"Kita semua yang hadir di sini adalah deklaratornya, dan kita berbangga karena MAKRAM kita lahirkan sendiri dan akan kita gerakkan bersama," ujar Guru Besar Universitas Hasanuddin Makassar itu.

Dalam kesempatan itu, Prof. Asdar, menyemangati para tokoh dengan mengajak para peserta bersama-bersama meneriakkan; MAKRAM, membangun integritas, membela kebenaran dan menegakkan keadilan.

Hadir sejumlah tokoh dalam acara deklarasi nasional tersebut, di antaranya Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, KH. M. Said Abd Shamad, Lc; anggota DPRD Sulsel, Usman Lonta; Ketua Yayasan Buq'atun Mubarakah Pesantren Darul Aman Gombara, Ustadz Iqbal Djalil, Lc; Ketua Forum Ummat Islam Bersatu, Ustadz Muchtar Daeng Lau, dan sejumlah tokoh ormas Islam lainnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Take A Chance With Me - NIKI yang Viral di Tiktok

Ketua Panitia Pelaksana Deklarasi Nasional MAKRAM, AM. Iqbal Parewangi, menyebutkan bahwa momentum itu sangat berkesan, karena hampir semua perwakilan ormas Islam hadir.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x