Unhas Selenggarakan Kuliah Bestari Tentang Strategi PTNBH dalam Pencapaian Pemeringkatan Global

- 25 Oktober 2023, 20:28 WIB
Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc.
Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc. /HO-Humas

JurnalMakassar.com - Universitas Hasanuddin menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kuliah Bestari Majelis Dewan Guru Besar (MDGB) Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Kegiatan yang mengusung tema “Strategi PTNBH Mengakselerasi Pencapaian Target Peringkat Global” tersebut berlangsung pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (25/10).

Hadir sebagai narasumber Dr. Lukman ST., M.Hum (Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek), dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D (Sekretaris Universitas Indonesia) dan Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D (Sekretaris Universitas Hasanuddin).

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sumbutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya ruang diskusi para guru besar dengan tema yang sangat menarik dan relevan.

Baca Juga: Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Mendaftar Sebagai Capres-Cawapres di KPU RI

Menurutnya, perengkingan global menjadi diskursus yang harus dihadapi oleh perguruan tinggi. Sebagai negara besar, Indonesia mempunyai kapasitas yang lebih optimal, tugas universitas adalah membangun kolaborasi dan memperkuat kapasitas dalam berbagai aspek untuk mendorong Indonesia maju.

“Perengkingan global merupakan momok bagi perguruan tinggi yang harus kita hadapi bersama. Saya harap, ruang diskusi ini dengan menghadirkan para akademisi dan dewan professor Indonesia dapat membantu bangsa Indonesia untuk mencari solusi, menganalisis kondisi dan status perengkingan. Kita harus berkolaborasi, bukan bersaing,” jelas Prof JJ.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Ketua Majelis Dewan Guru Besar PTNBH sekaligus Dewan Professor Unhas Prof. Dr. A. Pangerang Moenta, SH., M.H., DFM., Dalam sambutannya, Prof Pangerang menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda rutin sebagai media diskusi ilmiah para akademisi. Menurutnya, tema yang dipilih sesuai dengan apa yang saat ini dihadapi oleh perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas melalui pengakuan secara global.

“Para narasumber yang dihadirkan sesuai dengan tema yang diangkat, kita harapkan bersama melalui kegiatan ini akan dihasilkan satu gagasan atau strategi yang bisa digunakan untuk pemeringkatan secara global sesuai Amanah dan tanggungjawab yang diberikan kepada perguruan tinggi,” jelas Prof. Pangerang.

Baca Juga: Pramono Anung Bantah Hubungan Jokowi dan Megawati Retak: Baik-baik Saja

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan paparan materi para narasumber. Materi awal disampaikan oleh Dr. Lukman tentang “Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam Pencapaian World Class University (WCU). Dalam materinya, Lukman menjelaskan secara umum akselerasi perguruan tinggi kelas dunia merupakan salah satu bagian dari arah kebijakan dan strategi ditjen perguruan tinggi untuk menguatkan mutu dan relevansi perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x