KTT OKI Penting Dalam Rangka Hentikan Serangan Israel ke Palestina

- 11 November 2023, 08:58 WIB
Honorer dihapus permanen, Undang-undang nomor 20 tahun 2023 sudah diteken Presiden Jokowi.
Honorer dihapus permanen, Undang-undang nomor 20 tahun 2023 sudah diteken Presiden Jokowi. /instagram/ @infocimahi.co

JurnalMakassar.com - Presiden Joko Widodo menyebut Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, sangat penting sebagai upaya tambahan menghentikan serangan Israel terhadap bangsa Palestina.

Dalam KTT tersebut, para pemimpin negara-negara OKI akan membahas situasi terkini di Gaza, yang menjadi pusat konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina, sejak 7 Oktober 2023.

"Saya akan pertegas ruang agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," kata Presiden Jokowi sesaat sebelum bertolak menuju Riyadh dari Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat 11 November 2023 malam.

Baca Juga: MUI Tegaskan Pembangunan RS Indonesia di Gaza Murni untuk Kemanusiaan

Dari Riyadh, Presiden Jokowi dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat, pada Minggu 12 November 2023, untuk bertemu Presiden AS Joe Biden keesokan harinya Senin, 13 November 2023.

Menurut Jokowi, pertemuan bilateral dengan Joe Biden merupakan kesempatan yang baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza.

"Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan langsung hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," tutur Presiden.

Dari Washington DC, Presiden Jokowi yang didampingi delegasi terbatas akan menuju ke San Francisco untuk menghadiri KTT APEC.

Baca Juga: Pengawal Firli Bahuri Diduga Intimidari Wartawan, Polisi Didesak untuk Usut

Pembangunan berkelanjutan dan pembangunan yang inklusif merupakan dua isu prioritas yang akan disuarakan Indonesia dalam organisasi ekonomi yang beranggotakan 21 negara di kawasan Asia Pasifik itu.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x