Jelang Hari Raya Idul Fitri, Tren Masyarakat Transaksi di Pegadaian Meningkat

- 7 Mei 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi PT Pegadaian yang baru saja memperpanjang program gadai barang tanpa bunga hingga Juni 2021.
Ilustrasi PT Pegadaian yang baru saja memperpanjang program gadai barang tanpa bunga hingga Juni 2021. /ANTARA/Muhammad Adimaja

Jurnal Makassar - Jelang momen Idul Fitri yang tinggal menghitung hari. Pegadaian Persero Kantor wilayah VI Makassar mencatat adanya peningkatan transaksi gadai dari nasabah yang cukup signifikan.

Deputy Operasional Abd Wadud Assegaf menjelaskan peningkatan transaksi tak lain disebabkan oleh kondisi perekonomian warga.

"Khususnya golongan menengah ke bawah yang sedikit banyak terdampak Covid-19 sehingga banyak dari mereka yang saat ini membutuhkan dana segar untuk menopang perekonomian rumah tangga," kata Abd Wadud, Jumat 7 Mei 2021.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Tarif Tol di Makassar Naik Dua Kali Lipat

Ia mengatakan salah satunya dengan cara transaksi gadai karena dinilai cukup mudah dan tidak memakan waktu lama dalam prosesnya.

Sepanjang tahun ini, hingga 7 Mei tercatat posisi OSL menyentuh angka Rp6,8 triliun sementara pada periode yang sama tahun lalu berada di angka Rp6,4 triliun.

“Kalau untuk transaksi gadai memang terjadi peningkatan, kenaikan transaksi gadai sekitar 6,7 persen jika dibandingkan tahun 2020 kemarin, dimana tahun kemarin hanya 5,83T dan tahun ini di mei sudah mencapai sekitar Rp.6,32 Triliun ,” kata Abd Wadud.

Manager Humas Muh Gunawan HB menjelaskan adanya kenaikan transaksi ini, juga dipicu oleh kondisi covid 19 yang sudah melandai yang berbeda tahun 2020 dimana covid 19 masih cukup tinggi dan adanya pembatasan aktivitas.

Gadai emas menjadi transaki yang paling banyak diminati, selain karena mudah praktis juga karena bunganya yang cukup konpetatip. Menurut Gunawan larangan mudik, membuat para nasabah untuk mengalihkan dananya ke tabungan emas atau gadai emas.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x