Bank Indonesia Gelar QRIS Ma'sapeda Wisata do Toraya 2023 dan QRIS Tourism Award Toraja

- 6 Oktober 2023, 19:19 WIB
Bank Indonesia Menggelar QRIS Ma'sapeda di Toraja
Bank Indonesia Menggelar QRIS Ma'sapeda di Toraja /

JurnalMakassar.com - Bank Indonesia (BI) terus memperluas ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang inklusif dan berkelanjutan di Toraja Utara dan Tana Toraja. Terbaru, BI menggelar QRIS Ma'sapeda Wisata do Toraya 2023 dan QRIS Tourism Award Toraja di Toraja Utara, 6 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri berbagai pemangku kepentingan, termasuk BI, Forkopimda Toraja Utara, Forkopimda Tana Toraja, Bank Sulselbar, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Danamon, Bank Papua, akademisi, komunitas sepeda, dan media lokal.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, mengatakan sejak diluncurkan pada 2019, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) telah mengalami perluasan fitur, termasuk QRIS Cross Border yang memungkinkan pengguna mobile banking dan e-wallet dari luar negeri, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura dapat bertransaksi secara langsung di Indonesia dan sebaliknya. QRIS juga disambut baik oleh masyarakat Toraja Utara dan Tana Toraja terlihat dari jumlah merchant dan transaksi yang terus bertumbuh signifikan.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Brand Lokal dan UMKM, Shopee Jadi Pilihan Favorit untuk Berjualan

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi atas inisiatif BI di Toraja Utara. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu roda perekonomian di daerah Toraja. Pemanfaatan QRIS juga dinilai dapat mengoptimalkan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Banyak objek wisata di Toraja Utara yang memiliki potensi besar dalam peningkatan PAD. QRIS dan pembayaran digital merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah” katanya.

Kegiatan Ma’sapeda Wisata bertujuan untuk memperkuat sinergi pentahelix antara BI dengan Akademisi, Perbankan, Masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Media dalam rangka mempromosikan transaksi non tunai di sektor strategis, khususnya pariwisata yang menjadi salah satu andalan perekonomian di Toraja.

Dalam acara tersebut, BI memberikan apresiasi kepada pengelola objek wisata, UMKM, dan perbankan yang dianggap mendukung perluasan QRIS di Toraja secara masif. Apresiasi ini juga diharapkan dapat semakin mengakselerasi penggunaan QRIS di Toraja Utara dan Tana Toraja, termasuk di sektor lainnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Greedy - Tate McRae Lagi Viral di TikTok

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, menyerahkan penghargaan kepada 5 (lima) pengelola objek wisata, yaitu Kete’kesu, Lempe Resort, dan To’tombi di Toraja Utara; serta Wisata Religi Burake dan Yayasan Para Lemo di Tana Toraja.

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x