Bank Indonesia Sulsel Dorong Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Penyelenggaraan Pesyar 2024

- 25 Maret 2024, 16:35 WIB
BI Sulsel Gelar Pekan Ekonomi Syariah 2024
BI Sulsel Gelar Pekan Ekonomi Syariah 2024 /

JurnalMakassar.com - Bank Indonesia Sulawesi Selatan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pekan Ekonomi Syariah (Pesyar) 2024 bekerjasama dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) mulai tanggal 23 Maret hingga 01 April 2024 di Sandeq Ballroom Hotel Claro.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rizki Ernadi Wimanda mengatakan, terdapat empat kegiatan utama yakni, Sharia Fair, Sharia Forum, Hiburan dan Lomba.

"Rangkaian acara yang pertama adalah Sharia Fair, yaitu pelaksanaan kegiatan “Trend Hijab x IN2MF Sulsel 2024” yang merupakan kerja sama antara BI Sulsel dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Makassar dan ArtPro." katanya.

Kegiatan ini menghadirkan lebih dari 100 pelaku usaha dan desainer terkemuka yang berkiprah di level Internasional maupun Nasional yang sangat potensial untuk dapat mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah.

Baca Juga: Lirik So American - Olivia Rodrigo Baru Rilis dalam Album Guts

Sementara itu, Exhibition akan diramaikan oleh berbagai pelaku usaha modest fashion yang akan menampilkan berbagai brand terkemuka dari tingkat nasional yang sudah berhasil menembus pasar internasional, serta beberapa UMKM unggulan dari sektor makanan dan kerajinan.

Sharia Fair juga akan menghadirkan berbagai tenant makanan dan minuman halal yang dapat memberikan exposure halal food and beverages kepada masyarakat.

Selanjutnya pada Sharia Forum terdapat rangkaian kegiatan talkshow yang diharapkan dapat menjadi forum dan wadah bagi pelaku usaha ekonomi syariah di Provinsi Sulawesi Selatan dalam meningkatkan kapasitas usaha, hijrah menuju produk dan proses bisnis yang halal, serta wadah diskusi antara regulator, komunitas, dan pelaku usaha. Ada 3 (tiga) talkshow yang akan dilaksanakan pada Sharia Forum, yaitu: 1)Talkshow Urgensi Sertifikasi Halal dan Kiat Sukses Sertifikasi Halal pada Rabu, 27 Maret pukul 13:00 WITA; 2) Talkshow Manfaat Produk Keuangan Syariah pada Kamis, 28 Maret pukul 10:00 WITA, dan; 3) Talkshow Potensi dan Manfaat Implementasi Zona KHAS pada Kamis, 28 Maret pukul 13:30 WITA.

Rangkaian acara berikutnya adalah Lomba dan Hiburan. PESyar menyelenggarakan 5 (lima) lomba yang juga dirangkaikan sebagai hiburan, yaitu: 1) Lomba Desain Busana Muslimah (yang bekerja sama dengan IFC); 2) Lomba Kaligrafi; 3) Lomba Marawis; 4) Lomba Video Dakwah, dan; 5) Lomba Video Tari Islami. Pada Lomba Desain Busana Muslimah yang telah dibuka sejak akhir Februari 2024, akan terdapat 6 (enam) desainer yang busananya tampil pada fashion show opening ceremony PESyar 25 Maret 2024.

Baca Juga: 58 Tahun Pikiran Rakyat: Jadi Bagian Agen Perubahan Kehidupan

Halaman:

Editor: Asoka Ulfa Ahsan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x