Pertemuan KTT G7 di Jerman Menuai Protes Dari Ribuan Pengunjuk Rasa

- 27 Juni 2022, 15:20 WIB
Ribuan orang melakukan protes anti-NATO menjelang KTT NATO, di Madrid, Spanyol, 26 Juni 2022.
Ribuan orang melakukan protes anti-NATO menjelang KTT NATO, di Madrid, Spanyol, 26 Juni 2022. /REUTERS/Isabel Infantes/

Jurnal Makassar – Konferensi Tingkat Tinggi (G7) yang merupakan pertemuan puncak tahunan digelar di Elmau, Jerman 26-27 Juni 2022.

Group of Seven (G7) adalah sebuah grup yang terdiri dari tujuh negara, yaitu Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Indonesia termasuk salah satu negara yang diundang dalam pertemuan KTT G7. Selain Indonesia, negara non G7 yang diundang adalah India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Vladimir Putin Presiden Rusia Akan Hadiri KTT G20 Bali

Para pemimpin Kelompok Tujuh (G7) memulai pertemuan puncak tahunan tiga hari pada hari Minggu, 26 Juni 2022 di Schloss Elmau di Pegunungan Alpen Bavaria Jerman selatan di tengah situasi mendapatkan aksi protes dari ribuan pengunjuk rasa.

Pertemuan tersebut akan fokus kepada Rusia-dan Ukraina dimana konflik antara kedua negara tersebut masih berlangsung yang akan mendominasi diskusi di KTT negara-negara industri utama dunia.

Terlebih lagi pada Minggu, Presiden Joe Bidan bahwa G7 akan memberlakukan larangan impor emas dari Rusia, dilansir dari English News.

Selain permasalahan konflik Rusia dan Ukraina, para pemimpin G7 juga akan mengatasi krisis pangan yang disebabkan oleh konflik Rusia-Ukraina dan mencoba mencari cara untuk membuka blokir ekspor gandum Ukraina di Laut Hitam.

Baca Juga: Siapa Saja Anggota G20, Organisasi yang Tunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah KTT 2022

Disamping itu, permasalahan yang juga akan ditangani termasuk perubahan iklim, dengan membentuk "klub iklim" yang diajukan oleh Kanselir Federal Jerman Olaf Scholz.

Halaman:

Editor: Aan Ariska Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah