Varian Baru Omicron BA.4 dan BA.5 Menyebar di Indonesia, Masuk dari Mauritius, Amerika Serikat dan Brazil

- 14 Juni 2022, 15:05 WIB
Omicron varian baru, kenali gejalanya
Omicron varian baru, kenali gejalanya /website covid19.go.id/

Jurnal Makassar – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengkonfirmasi varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 telah menyebar di Indonesia sebanyak 8 kasus yang telah ditemukan.

Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5, pertama kali dilaporkan terdeteksi di Indonesia pada 6 Juni 2022 yang dilansir dari situs resmi Menteri Kesehatan pada 11 Juni 2022.

Terdapat empat kasus Omicron BA.4 dan BA.5, yang terdiri dari satu orang positif BA.4 (WNI) dengan kondisi tidak bergejala serta telah di vaksin 2 kali. Sisanya positif BA.5 yang merupakan pelaku perjalanan luar negeri dan telah vaksin sebanyak 4 kali.

Baca Juga: Info BRI Liga 1: 27 Angota Tim Persib Bandung Positif Covid-19 Varian Omicron

Varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 masuk dari luar negeri yakni dari Mauritius, Amerika Serikat, dan Brazil.

“Sudah 8 kasus di Indonesia, 3 diantaranya imported case. Kedatangan luar negeri dari Mauritius, Amerika Serikat, dan Brasil yang datang pada saat acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (23-28 Mei 2022) di Bali,” kata Budi dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin 13 Juni 2022. dilansir dari ANTARA.

Sedangkan lima kasus lainnya berasal dari transmisi lokal. Satu kasus terdeteksi di Bali yang merupakan tenaga medis yang datang dari Jakarta dan empat kasusnya terdeteksi di Jakarta.

Baca Juga: Ini Ciri Hewan Tertular PMK Penyakit Mulut dan Kuku Pada Sapi dan Kambing, Kenali Gejalanya Sebelum Kurban

Menkes juga mengatakan bahwa dari 8 orang yang terdeteksi Omicron varian baru, hanya satu orang yang bergejala sedang dan belum mendapat suntikan vaksin dosis ketiga atau booster.

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah