WHO Ungkap Adanya Virus Baru Penyakit Hepatitis Misterius, Kenali Gejalanya pada Anak

- 4 Mei 2022, 14:21 WIB
Ilustrasi. IDI dan IDAI mengungkapkan gejala Hepatitis Akut  dan pencegahan dini yang perlu dilakukan
Ilustrasi. IDI dan IDAI mengungkapkan gejala Hepatitis Akut dan pencegahan dini yang perlu dilakukan /Pexels/Thirdman/

Jurnal Makassar - Virus Covid 19 yang belum usai, Dunia kembali dihebohkan dengan penyakit virus baru yaitu Hepatitis Akut Misterius. 

Sebelumnya penyakit Hepatitis ini ini ditemukan pada anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia sejak tanggal 15 April 2022 dan belum diketahui penyebabnya.  

Dilansir oleh Hops.Id pada akun WHO (World Health Organization) hingga tanggal 3 Mei 2022 sudah terdapat 170 kasus lebih di 12 negara yang terkena hepatitis akut misterius ini.

Baca Juga: Sinopsis A Girl Who Can See Smell Tayang di NET TV

17 anak diantaranya atau 10% membutuhkan transplantasi hati dan 1 kasus dilaporkan meninggal dunia. 

Penyakit Hepatitis akut Misterius ini telah sampai ke Indonesia yang dimana terjadi pada tiga anak yang meninggal setelah dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo Jakarta.

Juru Bicara Kementerian Keseharan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa 3 Mei 2022 menyatakan pihaknya telah meningkatkan kewaspadaan setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia.

Baca Juga: Artis Asia Pertama, BLACKPINK Resmi Jadi Duta SDGs untuk PBB

Sejak dipublikasikan sebagai KLB oleh WHO, jumlah laporan kasus hepatitis akut terus bertambah. Sedikitnya tercatat 170 kasus dilaporkan oleh 12 negara. Penyakit ini menyerang anak usia 1 bulan sampai 16 tahun.

"Gejala yang ditemukan pada pasien adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran," kata Nadia.

Halaman:

Editor: Andi Asoka Ulfa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah