Benarkah Virus Hepatitis Misterius di DKI Muncul Karena Vaksin Covid-19? Ini Kata Pakar

- 4 Mei 2022, 20:45 WIB
Ilustrasi. Waspada hepatitis misterius atau hepatitis akut yang menyebabkan 3 anak di DKI Jakarta meninggal dunia.
Ilustrasi. Waspada hepatitis misterius atau hepatitis akut yang menyebabkan 3 anak di DKI Jakarta meninggal dunia. //pixabay.com/geralt/

Jurnal Makassar - Beredar isu kemunculan virus Hepatitis disebut karena Vaksin Covid-19.

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban, menegaskan dugaan Hepatitis terkait vaksin Covid-19 tidak berlandaskan fakta ilmiah.

"Hipotesis ini tidak didukung data, karena sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi COVID-19," ujarnya dalam akun Twitter @ProfesorZubairi.

Baca Juga: Ancaman Hepatitis, Kemenkes Keluarkan Surat Edaran

Terkait spekulasi yang mengaitkannya dengan vaksin Covid-19, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengingatkan bahwa hal ini tidak sesuai dengan fakta ilmiah

Kementerian Kesehatan RI melaporkan 3 anak rujukan dari Jakarta Timur dan Jakarta Barat meninggal diduga terkait hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya.

Berbagai spekulasi mencuat terkait dugaan penyebab, mulai dari adenovirus hingga vaksin COVID-19.

Baca Juga: Lucinta Luna Diisukan Pacaran Dengan Mike Lewis, Begini Faktanya

Sementara itu, epidemiolog Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menyinggung kemungkinan varian baru SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, yang belum terdeteksi. Hal ini dimungkinkan justru karena anak-anak banyak yang belum mendapat vaksinasi COVID-19.

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x