Sosok Draupadi Murmu, Presiden Terpilih India Saat Ini

- 22 Juli 2022, 16:44 WIB
Draupadi Murmu Presiden India 2022
Draupadi Murmu Presiden India 2022 /Twitter.com/

Jurnal Makassar – Draupadi Murmu menang dalam pemungutan suara pada Kamis, 21 Juli 2022. ia resmi menjabat sebagai Presiden India periode 2022-2027.

Draupadi Murmu menjadi Presiden wanita kedua yang pernah menduduki jabatan tersebut, serta menjadi presiden pribumi pertama India.

"Dalam kapasitas saya sebagai Returning Officer, saya menyatakan Draupadi Murmu sebagai Presiden India," ujar Returning Officer PC Mody, dikutip dari One India.

Baca Juga: Habib Rizieq Bebas Bersyarat dan Siap Lanjutkan Revolusi Akhlak

Ada lebih dari 4.500 anggota parlemen negara bagian dan federal memberikan suara dalam pemilihan presiden India yang digelar pada Senin, 18 Juli 2022, sementara perhitungan surat suara dilakukan pada Kamis, 21 Juli 2022.

Yashwant Shina dari oposisi harus mengakui kekalahannya atas Draupadi Murmu yang mendominasi hasil pemungutan suara, dengan meraup lebih dari 60 persen dari total nilai suara.

Dari hasil pemungutan suara, Draupadi Murmu mendapat 64,03 persen dari total nilai suara setelah tiga putaran penghitungan, sementara itu, Sinha hanya mendapat 35,97 persen.

Baca Juga: Lirik Lagu Inevitable Ost Extraordinary Attorney Woo By Suzy Lengkap dengan Terjemahannya

Wanita 64 tahun itu merupakan presiden India yang ke-15, Drupadi mengambil alih jabatan dari Ram Nath Kovind.

Halaman:

Editor: Irsal Masudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x