Lagi, Unhas Nominator SDGs 2023

- 23 Oktober 2023, 10:33 WIB
Rektor Unhas melakukan presentase di depan tim juri di Kantor Bappenas Jakarta
Rektor Unhas melakukan presentase di depan tim juri di Kantor Bappenas Jakarta /HO-Humas

JurnalMakassar.com - Universitas Hasanuddin kembali menjadi nominator untuk memperoleh Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 ini. Sebelumnya, Unhas telah meraih peringkat kedua nasional SDGs Awards tahun 2022. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Universitas Hasanuddin Prof.Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., PhD., kepada Humas Unhas, Senin 23 Oktober 2023.

Menurut Prof. Sumbangan, sebagai nominator tahun ini, pihaknya telah melakukan presentase yang dipimpin langsung Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa di Jakarta dalam rangka memperebutkan posisi 1-3.

“Sebagai nominator, Unhas tahun ini bersaing dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk memperebutkan predikat 1-3 pada kategori Perguruan Tinggi,” ungkap Sekretaris Universitas Unhas ini. “Kita tentu optimislah, minimal menyamai tahun lalu,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Panggil Tiga Saksi Pemerasan SYL yang Diduga Dilakukan Pimpinan KPK

Penghargaan SDGs Award ini merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah untuk semua yang telah melaksanakan aksi nyata untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Saat ini pelaksanaan Indonesia’s SDGs Action Awards telah memasuki tahun kedua tahun ini mengambil tema “Air, Energi, dan Pertanian menuju Ketahanan Pangan Berkelanjutan”. Kali ini diikuti tidak kurang dari 38 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

SDGs Awards ini ada 11 kategori yang diberikan yaitu:
1. Kategori kementrian/Lembaga
2. Kategori pemerintah provinsi
3. Kategori perguruan tinggi
4. Kategori lembaga penelitian
5. Kategori pelaku usaha besar
6. Kategori pelaku usaha kecil dan menengah
7. Kategori organisasi masyarakat sipil
8. Kategori organisasi filantropi
9. Kategori organisasi orang muda
10. Kategori media
11. Kategori pemerintah kota dengan penghargaan Integrated Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) for Cities

Masing-masing kategori memiliki juara 1-3 kecuali untuk Kategori 11. Setelah melalui tahap seleksi berkas, kemudian tiga terbaik melanjutkan ke tahap wawancara.

Baca Juga: SKCK Gibran Rakabuming Raka Telah Terbit, Baintelkam Polri: Ditandatangani Jam 09.00

Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh pihak, selama memenuhi persyaratan kategori penghargaan (tanpa dipungut biaya). Penilaian didasarkan pada komitmen institusi/ organisasi terhadap pelaksanaan SDGs dan kinerja satu Best Practice sesuai Tema. Kepesertaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 berbasis pendaftaraan.

Komponen utama penilaian Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 adalah:

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x