Fakultas Kehutanan Unhas Berikan Pelatihan Budidaya Lebah Trigona di Kabupaten Maros

- 24 Oktober 2023, 08:26 WIB
Fakultas Kehutanan Unhas Berikan Pelatihan Budidaya Lebah Trigona di Desa Purnakarya Kab. Maros
Fakultas Kehutanan Unhas Berikan Pelatihan Budidaya Lebah Trigona di Desa Purnakarya Kab. Maros /HO-Humas Unhas

JurnalMakassar.com - Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Purnakarya Kabupaten Maros. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita, Minggu 22 Oktober 2023.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan budidaya lebah trigona dan mengenalkan kepada masyarakat dan mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas keunggulan budidaya lebah trigona.

Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi Fakultas Kehutanan Unhas, Astuti dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran masyarakat Desa Purnakarya Kab. Maros dan mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas pada kegiatan ini.

Baca Juga: NasDem Klaim Banyak Tokoh Nasional Ikut Berjuang Memenangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat cara budidaya lebah trigona yang baik dan benar, dan memperkenalkan bahwa lebah madu trigona mempunyai banyak keunggulan dibandingkan lebah madu yang lain salah satunya adalah tidak memerlukan perawatan dan peralatan khusus sehingga lebih memudahkan kita untuk membudidayakannya,” jelas Astuti.

Lebih lanjut Astuti mengatakan bahwa dirinya berharap kegiatan ini bisa memberikan insight bagi masyarakat Desa Purnakarya Kab. Maros dan mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas terkait budidaya lebah trigona.

Usai sambutan kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Hadir sebagai narasumber Andi Prastiyo (Alumni Fakultas Kehutanan Unhas) membawakan materi tentang budidaya lebah trigona.

Lebah Trigona merupakan kelompok lebah berukuran kecil yang termasuk dalam sebuah kelompok bernama Meliponini dan masih berkerabat dekat dengan lebah madu bersengat (Apis spp.) dalam suku Apidae.

Baca Juga: Bertemu Pekerja Kreatif, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Diminta Hidupkan Lagi Bekraf

“Lebah trigona tak hanya menghasilkan madu tapi bisa menghasilkan produk dan jasa lainnya seperti roti lebah, propolis, nucs dan jasa penyerbuk,” jelas Andi Prastiyo.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x