Imbas Ganguan Produksi, Toyota Batasi Produksi Hingga Akhir Pekan

- 21 Oktober 2023, 09:47 WIB
Ilustrasi lowongan kerja Toyota Auto2000.
Ilustrasi lowongan kerja Toyota Auto2000. /Dok. auto2000.co.id/

JurnalMakassar.com - Toyota Motor Corp. mengumumkan bahwa mereka memperkirakan proses produksi terbatas di Jepang akan berlanjut hingga akhir pekan, setelah adanya gangguan operasi akibat ledakan di pemasok suku cadang pada Senin 16 Oktober 2023.

Gangguan ini terus meluas, dengan 11 jalur produksi di tujuh pabrik di Aichi dan prefektur terdekat di Jepang bagian tengah berhenti pada Rabu 18 Oktober 2023, meningkat dari 10 jalur produksi di enam pabrik pada hari sebelumnya, menurut produsen mobil terbesar di dunia itu.

Laman Kyodo pada Rabu 18 Oktober 2023 melaporkan bahwa meskipun salah satu pabrik dijadwalkan akan melanjutkan operasi pada hari Kamis, pabrik lainnya akan tetap tutup pada Kamis dan Jumat.

Baca Juga: Toyota dan Lexus Adopsi Konektor Pengisian Daya Tesla

Selain itu, dua pabrik di Jepang timur laut akan bergabung pada hari Jumat, sehingga total jumlah jalur dan pabrik yang terkena dampak mencapai 13 jalur di delapan pabrik.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pabrik-pabrik tersebut akan melanjutkan produksi paling awal pada 23 Oktober.

Gangguan terbaru berasal dari kecelakaan yang terjadi pada hari Senin di pabrik Chuo Spring Co., yang memasok per segmen mobil di kota Toyota, Prefektur Aichi.

Meskipun penyebab ledakan masih dalam penyelidikan, Chuo Spring telah memulai produksi menggunakan suku cadang alternatif di perusahaan terafiliasi di China, dan sedang menjajaki opsi pengiriman udara.

Baca Juga: Gibran Rakabuming atau Erick Thohir?, Zulhas Sebut Prabowo Subianto Sudah Kantongi Nama Capres

Dengan bantuan Toyota dan perusahaan grupnya, Chuo Spring juga bersiap untuk memulai produksi di jalur lain di pabrik tempat kecelakaan terjadi, serta di perusahaan afiliasi di Prefektur Nagasaki, Jepang bagian barat daya.

Halaman:

Editor: Aan Febriansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah